In-depth

Gennaro Gattuso 'Pimpin' Gerbong Eksodus Napoli ke AC Milan

Rabu, 6 Mei 2020 11:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Nicolo Campo/GettyImages/StickPNG
Ada peran pelatih Gennaro Gattuso dalam skenario eksodus bintang-bintang Napoli ke klub Serie A Italia, AC Milan. Copyright: © Nicolo Campo/GettyImages/StickPNG
Ada peran pelatih Gennaro Gattuso dalam skenario eksodus bintang-bintang Napoli ke klub Serie A Italia, AC Milan.

INDOSPORT.COM - Ada peran pelatih Gennaro Gattuso dalam skenario eksodus bintang-bintang Napoli ke klub Serie A Italia, AC Milan. 

Mendekati bursa transfer musim panas, klub Serie A Italia, AC Milan, terus berburu pemain baru. Dalam dua pekan ini, I Rossoneri kuat dikaitkan dengan sejumlah pilar klub Napoli. 

Eksodus bintang-bintang Napoli sepertinya bakal terjadi di musim panas ini. AC Milan menjadi tim terdepan yang siap menampung mereka. 

Setidaknya tiga nama pemain Il Partenopei tengah dikaitkan dengan AC Milan. Mereka adalah Arkadiusz Milik, Dries Mertens, dan Alex Meret. 

Menariknya, ada peran dari legenda I Rossoneri, Gennaro Gattuso, dalam skenario tersebut. Meski demikian, peran Gattuso terjadi secara tidak langsung.

Andil Gattuso 

Gattuso saat ini menjabat sebagai pelatih Napoli. Ternyata, sejumlah keputusan yang diambilnya di klub tersebut membuat gerah sejumlah pemain.

Kiper Napoli, Alex Meret, dikabarkan segera meninggalkan San Paolo lantaran dirinya bukan menjadi pemain andalan di skuat Gennaro Gattuso

Dilansir dari Football Italia, Alex Meret dan David Ospina saling sikut demi mendapat tempat di skuat utama Partenopei sejak awal musim 2019/20. 

Namun, sejak tongkat kepelatihan diambil alih Gattuso, Ospina secara bertahap mengklaim sarung tangan Napoli, sementara Meret cenderung menghuni bangku cadangan.

Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, disebut menyukai pilihan Rino (julukan Gattuso). Klub tak merasa rugi, meski sudah merogoh kocek sebesar 25 juta euro (Rp410 miliar), pada dua tahun lalu.

© Pinterest
Kiper Napoli, Alex Meret. Copyright: PinterestKiper Napoli, Alex Meret.

Tentu ini jadi hal yang kurang mengenakan bagi Alex Meret yang ingin tampil di Timnas Italia pada Euro 2020 mendatang. Di sisi lain, AC Milan belum pasti akan mempertahankan Donnarumma. Untuk itu, tawaran dari Rossoneri akan sangat menggiurkan bagi Meret. 

Hal sedikit berbeda terjadi pada Dries Mertens. Pemain bintang Belgia ini sudah merasa tak kerasan di Napoli. Di usianya yang ke-32 tahun, proyek Napoli di bawah Gattuso tak cukup meaykinkannya. 

Ia membuka pintu untuk kepindahan ke klub yang lebih besar di Serie A. Duo Milan diyakini tengah berebut jasa Dries Mertens. 

Jika tak segera mencari pengganti, ini akan menjadi bencana bagi Napoli. Pasalnya, Dries Mertens merupakan pilar utama tim. Musim ini saja ia sudah mencetak 12 gol dan enam assist dari 29 laga. 

Pemain terakhir yang bakal menumpang di gerbong eksodus Napoli adalah striker Arkadiusz Milik. Pada April lalu Milik diisukan bakal merapat ke AC Milan musim depan. 

Keputusan Milik untuk hengkang tak lain karena dirinya merasa tak lagi dibutuhkan. Napoli hingga saat ini belum berpikiran untuk memperpanjang kontraknya yang bakal habis Juni 2021 mendatang. 

Alih-alih perpanjang kontrak, presiden Napoli berencana melepasnya di bursa transfer musim panas ini. Keputusan ini diambil diyakini atas pertimbangan Gennaro Gattuso yang lebih ingin mencari striker pengganti. 

© Getty Images
Napoli kembali tumbang di ajang Serie A Liga Italia 2019/20 ketika berhadapan dengan Fiorentina pada pekan ke-20, Minggu (19/01/20) dini hari WIB. Copyright: Getty ImagesNapoli kembali tumbang di ajang Serie A Liga Italia 2019/20 ketika berhadapan dengan Fiorentina pada pekan ke-20, Minggu (19/01/20) dini hari WIB.

Klub Napoli memang mulai memasuki masa transisi. Setelah musim yang impresif bersama Walter Mazzari dan Maurizio Sarri, kekuatan Napoli perlahan mulai luntur sejak ditangani Ancelotti paruh pertama musim ini. 

Para pemain bintang yang menghuni skuat Il Partenopei dinilai sudah tak sesolid dulu. Kedatangan Gattuso yang awalnya diragukan perlahan mulai merubah wajah Napoli. 

Salah satu cara yang bakal dilakukan tak lain adalah dengan mendatangkan muka-muka baru ke San Paolo di musim panas ini. 

© Twitter/@acmilan
Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, merangkul pemainnya di laga melawan SPAL (27/05/19) Copyright: Twitter/@acmilanPelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, merangkul pemainnya di laga melawan SPAL (27/05/19)

Gennaro sendiri musim lalu menangani klub AC Milan. Mantan gelandang enerjik I Rossoneri itu gagal membawa Rossoneri ke Liga Champions. 

Meski begitu, banyak pihak menilai Gattuso telah menjalankan pekerjaannya dengan baik karena sanggup membawa Milan finis di posisi ke-5 dengan selisih satu poin dari Inter di posisi keempat.