Liga Inggris

3 Alasan Pembelian Timo Werner Akan Jadi Kerugian Buat Liverpool

Kamis, 7 Mei 2020 18:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Timo Werner pemain (RB Leipzig). Copyright: © GettyImages
Timo Werner pemain (RB Leipzig).

INDOSPORT.COM – Liverpool berpeluang mendapatkan penyerang RB Leipzig Timo Werner. Namun hal itu justru bisa merugikan calon juara Liga Inggris itu.

Menjadi salah satu buruan terpanas kub-klub Eropa di bursa transfer mendatang, penyerang RB Leipzig dan Timnas Jerman, Timo Werner dikabarkan semakin dekat ke klub Liga Inggris Liverpool.

Rumor tersebut berhebus setelah Werner sendiri dengan tegas menolak untuk pindah ke sesama klub Bundesliga Jerman dan juga klub Liga Inggris lainnya Manchester United. Lantaran ingin bergabung bersama skuat asuhan Jurgen Klopp, Liverpool.

Meski kuat dirumorkan juga memiliki ketertarikan besar terhadap Timor Werner. Hingga saat ini Liverpool sendiri secara resmi belum mengajukan penawaran kepada pihak RB Leipzig.

Sebab sangat mungkin Liverpool masih ragu untuk mendapatkan Timo Werner, sebab penyerang Timnas Jerman itu bisa jadi justru menghadirkan kerugian, alih-alih keuntungan buat mereka musim depan.

Apa saja kerugiannya? Berikut INDOSPORT coba menerka tiga diantaranya.

Tipikal Permainan

Kerugian pertama yang bisa diarasakan Liverpool dengan kedatangan Timo Werner adalah, terkait tipikal permainanya yang merupakan penyerang murni.

Dengan gaya bermain seperti itu, sangat mungkin Werner akan tampil buruk dan perlahan tersingkir di bangku cadangan. Sebuah kemungkinan yang jelas akan sengat merugikan Liverpool.

Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa di bawah asuhan jurgen Klopp, Liverpool jarang sekali mengandalkan penyerang murni dalam permainanannya.

Bahkan beberapa kali mencoba, mengandalkan Daniel Sturridge, Danny Ings hingga kini Divock Origi, Liverpool di bawah Klopp selalu gagal bermain dengan penyerang murni.

Jikapun masih mau mendpaatkan kesempatan, Timo Werner harus rela menjadi seperti Origi yang kini lebih banyak bermain melebar. Atau merubah gaya permaianannya seperti Roberto Firmino yang rajin mencari bola ke belakang.

Jika itupun dilakukan, tentu masih akan menjadi kerugian buat Liverpool. Sebab sudah pasti kualitas Werner akan jauh menurun, dibanding seperti apa yang ditunjukannya bersama RB Leipzig.

Merusak Stabilitas

Kerugian selanjutnya, Timo Werner sangat mungkin menjadi perusak stabilitas tim Livepool yang sudah terbentuk saat ini.

Dengan gaya permainan yang jauh berbeda dengan tiga penyerang Liverpool saat ini, mau tak mau Klopp pasti harus kembali menerapkan pemahaman strategi baru dari awal buat pemainnya. Dengan pertaruhan, strategi itu belum tentu bisa berjalan baik seperti strategi yang ada saat ini.

Belum lagi perihal kedatangannya yang berpotensi mengorbankan salah satu dari tiga penyerang Liverpool yang ada saat ini di posisi utama (Firmino, Salah,dan Mane) untuk tersingkir duduk di bangku cadangan.

Dengan kualitas dan nama besar yang sebenarnya tak kalah dari Werner, tentu akan jadi masalah buat stabilitas Liverpool, jika salah satu di antara mereka menuntut jam bermain lebih atau bahkan ingin hengkang ke klub lain.

Harga Mahal

Dengan segala kemungkinan buruk di atas, akan semakin rugi buat Liverpool karena harga Timo Werner terhitung tak murah.

Penyerang Timnas Jerman itu saat ini dibandrol dengan harga 60 juta euro (Rp977,1 miliar). Harga tersebut memang masih mungkin turun hingga ke 50 juta euro (Rp814,3 miliar).

Tapi dengan situasi saat ini, harga tersebut tentu terlalu mahal dan bisa tambah membebani keuangan Liverpool yang sedang menanggung beban besar akibat pandemi virus corona.

Jadi dibanding membeli Werner, ada baiknya Liverpool lebih memanfaatkan pemain yang ada. Memaksimalkan trio Salah, Firmino, Mane dan memberikan kesempatan lebih buat pemain muda seperti Rhian Brewster.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%