Liga Indonesia

Sebelum Jadi Pesepak Bola Profesional, Bek Persita Sempat Gilai Voli

Sabtu, 16 Mei 2020 03:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Bek Persita Tangerang, Muhammad Toha, berupaya menghalau pemain PSMS Medan, Rendi Saputra. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Bek Persita Tangerang, Muhammad Toha, berupaya menghalau pemain PSMS Medan, Rendi Saputra. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Bek Persita Tangerang, Muhammad Toha, mengaku punya hobi lain sebelum menggeluti sepak bola. Ia juga memainkan bola voli saat masih bocah.

Toha lahir dari keluarga yang jauh dari sepak bola ataupun atlet. Namun, ia mulai tergerak untuk serius menjadi pemain profesional setelah melihat laporan kesuksesan pemain senior di media.

"Saya dari kecil memang suka bola. Cuma waktu kecil bermain sepak bola sama bola voli juga suka," tutur Muhammad Toha, Jumat (15/5/20).

"Titik awal mulai kelas 5 SD kenal pertandingan antara usia muda. Dari situ senang dengan pertandingan keluar kota. begitu SMP mulai menekuni karena melihat pemain sepak bola bisa punya sesuatu," imbuh Toha.

Toha secara terbuka mengakui bukan dari keluarga berada sehingga dia berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan impian menjadi pesepak bola profesional. Kini, kerja keras sang pemain terbayarkan karena mampu menembus kasta tertinggi Liga 1 dan memiliki gaji yang cukup baik.

"Karena saya bukan dari keluarga berada jadi harus punya cita-cita sukses, yaitu dengan bemain sepak bola dan menekuninya," tukas Toha.

Muhammad Toha mengawali karier sepak bolanya dari kasta terbawah. Ia bermain untuk beberapa klub sebelum menemukan kenyamanan bersama klub pengusung warna ungu, Persita Tangerang.