Bola Internasional

Sempat Trial di Persib, Eks Rekan Neymar Bawa Klub Brasil Gemilang

Rabu, 27 Mei 2020 18:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Muhammad Adiyaksa/Indosport
Eks rekan setim Neymar Jr, Raphael de Lima Carioca tengah membawa klub asal Brasil gemilang pada musim ini, meski dirinya sempat trial di Persib Bandung. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/Indosport
Eks rekan setim Neymar Jr, Raphael de Lima Carioca tengah membawa klub asal Brasil gemilang pada musim ini, meski dirinya sempat trial di Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Eks rekan setim Neymar Jr, Raphael de Lima Carioca tengah membawa klub asal Brasil gemilang pada musim ini, meski dirinya sempat trial di Persib Bandung.

Menjelang bergulirnya kompetisi resmi tertinggi sepak bola Indonesia, yakni Liga 1 2017, setiap klub mulai mendatangkan pemain untuk menjalani seleksi.

Beberapa di antaranya ialah penggawa lokal ataupun asing. Mereka tengah mengadu nasib terhadap klub yang mengundang dalam menjalani trial kala itu.

Apalagi, PSSI baru saja dipulihkan statusnya oleh FIFA pada 2016 silam. Maka, perlu rapat khusus dalam membahas regulasi kompetisi sepak bola nasional.

Tiap klub tak ingin mengontrak pemain yang kurang sesuai dengan apa kebutuhan taktik pelatih. Termasuk tidak merugikan klub perihal dana.

Tak terkecuali ialah Persib Bandung. Dengan label juara Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015, Pangeran Biru ingin pemain berkualitas.

Ada sejumlah pemain yang diundang Persib untuk trial lebih dulu. Agar mereka juga bisa beradaptasi dengan skema pelatih dan kultur sepak bola Indonesia.

Termasuk kala Persib mendaratkan mantan rekan setim Neymar Jr, Raphael de Lima Carioca. Sebab, keduanya pernah berkarier di klub raksasa Brasil, Santos.

Pemain asal Brasil ini seleksi dengan Persib sejak akhir Januari 2017. Raphael diketahui bisa bermain sebagai striker maupun second striker.

Namun, pada awal Febuari 2017, Raphael dipastikan tak akan berseragam Persib. Manajemen tak jadi menyodorkan kontrak dengan berbagai pertimbangan.

Persib pun mempertahankan Vladimir Vujovic serta mendaratkan Shohei Matsunaga, Michael Essien, serta Carlton Cole (paruh musim diganti oleh Ezechiel N'Douassel).

Kabar Terkini

© Otto Syaban/Simamaung
Pemain asal Brasil Raphael de Lima Carioca sempat jalani seleksi (trial) di Persib Bandung. Copyright: Otto Syaban/SimamaungPemain asal Brasil Raphael de Lima Carioca sempat jalani seleksi (trial) di Persib Bandung.

Akhirnya, Raphael diketahui menganggur selama selama 2017. Dirinya baru mendapatkan klub kala mendekati akhir 2018 kala digaet Linense-SP (Brasil).

Kendati begitu, kontraknya hanya singkat (sekitar enam bulan) lantaran dilepas pada akhir musim 2018-19 (30 Juni 2019) oleh Linense-SP.

Lalu, pada awal 2020, tepatnya 16 Januari, Raphael resmi dikontrak klub Serie D Brasil Associacao Esportiva de Altos sesuai data yang disajikan dalam laman Transfermarkt.

Raphael mampu mengantarkan Associacao Esportiva de Altos ke puncak klasemen sementara di Serie D (Piauiense) usai mengoleksi 21 poin dari 10 laga terakhir.

Namun, tak diketahui secara pasti, berapa kali Raphael ini tampil dan mencetak gol ataupun assist. Terlebih, saat ini kompetisi tersebut juga tengah berhenti akibat covid-19.