Liga Indonesia

5 Kekalahan Terbesar PSM Makassar di Liga 1

Sabtu, 30 Mei 2020 15:39 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo PSM Makassar. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar merupakan salah satu klub legendaris dengan segudang prestasi di Indonesia. Selain itu, Pasukan Ramang juga dikenal sangat tangguh dan selalu diperhitungkan menjuarai Liga 1.

Namun, bukan berarti klub merah marun asal Sulawesi Selatan ini menjadi tak terkalahkan disetiap kali berlaga. PSM layaknya klub sepak bola lainnya yang sering mengalami pasang surut performa disetiap musimnya.

Berikut awak redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum lima kekalahan terbesar yang pernah dirasakan oleh PSM Makassar disepanjang perhelatan Liga 1 sejak tahun 2017 hingga kini.

1. Bali United 3-0 PSM Makassar

Kekalahan terbesar PSM ini terjadi pada pekan ke-16 Liga 1 2017 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (23/07/20). Tiga gol Bali United diciptakan oleh Marcos Flores, Sylvano Comvalius, dan Miftahul Hamdi.

Skor 0-3 melawan Serdadu Tri Datu merupakan kekalahan keempat pada musim tersebut. Sebelumnya, PSM selalu takluk dengan skor identik 1-2 dari Persikabo 1973, Persib Bandung, dan Semen Padang.

Disepanjang Liga 1 2017, PSM tercatat hanya dua kali merasakan kebobolan tiga gol sekaligus dalam satu laga. Satu laga lainnya ialah ketika takluk 2-3 dari Borneo FC pada pekan ke-28 di Stadion Segiri, Samarinda.

2. Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
PSM memang sering dijauhi keberuntungan setiap kali bertandang ke markas Persib. Seperti yang terjadi pada pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (23/05/18).

Pada laga tersebut, PSM harus pulang dengan tangan hampa sebab takluk dengan skor 0-3. Tiga gol Maung Bandung dihasilkan lewat dwigol Ezechiel N'Douassel plus tandemnya Jonathan Bauman.

3. Madura United 3-0 PSM Makassar
Selain di kandang Persib, PSM juga tak pernah mujur jika bertandang ke markas Madura United. Dari tiga kali lawatan diajang Liga 1, Pasukan Ramang selalu gagal membawa pulang satu poin pun.

Bahkan, pada pekan ke-28 Liga 1 2018 di Stadion Bangkalan, Madura, Senin (29/10/18), PSM digasak dengan skor 0-3. Brace Mamadou Samassa plus Zah Rahan Krangar membawa Laskar Sape Kerrab meraih poin penuh.

4. Persebaya Surabaya 3-0 PSM Makassar
Satu lagi klub yang sulit ditaklukkan oleh PSM, yakni Persebaya Surabaya. Willjan Pluim dkk. bahkan menelan kekalahan telak dengan skor 0-3 pada pekan ke-30 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (10/11/18).

Pertemuan tersebut merupakan kali pertama dua musuh bebuyutan sejak era Perserikatan ini bertemu diajang Liga 1. Sebab pada musim sebelumnya, Persebaya masih berjuang meraih tiket promosi dari Liga 2.

Ketiga gol Persebaya disarangkan oleh Ferinando Pahabol (40'), David da Silva (68'), dan Fandry Imbiri dimenit ke-90. Hasil ini pun menjadi kali keempat PSM merasakan tiga kebobolan sekaligus dalam satu laga disepanjang Liga 1 2018.

Adapun satu laga lainnya ialah ketika bertandang ke markas PSMS Medan di Stadion Teladan pada pekan ke-17. Pada laga tersebut, PSM yang sempat unggul terlebih dahulu lewat M Rahmat justru takluk dengan skor 1-3.

5. Persib Bandung 5-2 PSM Makassar, pekan ke-34 Liga 1 2019, Minggu (22/12/19)

Kekalahan telak terakhir PSM lagi-lagi terjadi melawan Persib yang kali ini di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Laga tersebut merupakan pekan penutup Liga 1 2019, Minggu (22/12/19) lalu.

PSM harus menelan kekalahan dengan skor telak 2-5 meski sempat unggul terlebih dahulu lewat sontekan Ferdinand Sinaga. Adapun satu gol lainnya dicetak oleh Raphael Maitimo yang sempat merubah skor menjadi 2-4.

King Eze lagi-lagi menjadi momok bagi PSM dengan mencetak quattrick alias empat gol pada laga tersebut. Sedangkan satu lainnya dihasilkan oleh sepakan penalti Hariono yang juga menjadi gol perpisahan dengan Persib.