Liga Inggris

Pertandingan Everton vs Liverpool Tak Jadi di Tempat Netral?

Kamis, 11 Juni 2020 13:18 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Derbi Merseyside antara Everton vs Liverpool telah dipastikan akan dilaksanakan di Stadion Goodison Park dan memupus kemungkinan laga digelar di tempat netral.

Lanjutan pertandingan Liga Inggris antara Everton kontra Liverpool sempat menjadi tanda tanya. Pasalnya, duel tim sekota ini berpotensi mengundang banyak orang untuk menonton.

Jika melihat anjuran dari pemerintah Inggris, maka Liverpool diharuskan untuk menggelar pertandingan di luar kota atau bisa dibilang di tempat netral. Anjuran ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan agar tidak terpapar virus corona.

Setelah melakukan diskusi dengan pihak keamanan dan tim penasihat dari kedua tim, diputuskanlah bahwa Stadion Goodison Park aman dan bisa menggelar derbi Merseyside.

“Setelah menerima panduan dan segala kelengkapan dokumen dari pemerintah, Everton dan Liverpool, lalu otoriritas kesehatan serta kepolisian Merseyside, kami memastikan bahwa Anfield dan Goodison Park bisa menggelar sisa pertandingan Liga Inggris,” kata Deputi Walikota Liverpool sekaligus Kepala Dewan Penasihat Keamanan Stadion (GSAG), Wendy Simon dilansir dari BBC Sports.

Wendy Simon juga menambahkan bahwa tidak ada bukti kuat yang mengatakan kalau fans Liverpool akan tetap menghadiri laga dan merayakan gelar juara yang akan mereka dapatkan di musim 2019/2020.

“Saya yakin fans kedua tim akan menyambut rekomendasi ini dan kamu pun tak sabar menyambut laga pertama yang akan di siarkan di TV sejak Liga Inggris dimulai lagi,” tambahnya.

Kompetisi Liga Inggris akan dilangsungkan kembali pada pertengahan bulan Juni atau lebih tepatnya 17 Juni 2020 mendatang, di mana laga antara Aston Villa melawan Sheffeild United dan Manchester City kontra Arsenal menjadi pertandingan pembuka.

Kendati demikian, pertandingan yang ditunggu-tunggu pecinta Liga Inggris adalah laga antara Everton melawan Liverpool yang akan dilaksanakan pada 22 Juni 2020 dini hari WIB. Hal ini dikarenakan penentuan juara Liga Inggris tergantung pertandingan yang dijalani oleh The Reds.

Kendati demikian, penentuan juara Liga Inggris tidak hanya melihat hasil laga Liverpool semata, melainkan juga melihat hasil pertempuran antara Manchester City dan Arsenal. Jika ingin juara, The Reds harus bisa memenangkan pertandingan dan The Citizens harus kalah dalam lawatannya ke London. 

Jika skema tersebut terjadi, Liverpool tinggal membutuhkan dua kali kemenangan lagi dari sembilan laga tersisa untuk bisa menjuarai Liga Inggris musim 2019/2020. Sebab, selisih 25 poin sudah menjadi modal cukup bagi The Reds untuk merengkuh gelar.