Liga Inggris

Anfield Sepi, Jurgen Klopp Minta Liverpool Ciptakan Atmosfer Sendiri

Jumat, 12 Juni 2020 18:39 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Jurgen Klopp meminta Liverpool menciptakan atmosfer pertandingan sendiri untuk mengakali sepinya Anfield Stadium. Copyright: © Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Jurgen Klopp meminta Liverpool menciptakan atmosfer pertandingan sendiri untuk mengakali sepinya Anfield Stadium.

INDOSPORT.COM – Pelatih berkebangsaan Jerman, Jurgen Klopp, menuntut Liverpool untuk menciptakan atmosfer pertandingan sendiri kala menjalani lanjutan Liga Inggris 2019/20.

Pandemi corona yang menyerang Eropa membuat Liga Inggris sempat dihentikan sejak Maret 2020. Namun setelah melewati banyak pembahasan dan pertimbangan, kasta sepak bola teratas Britania Raya ini memutuskan untuk melanjutkannya kembali pada 17 Juni 2020.

Namun pelanjutan Liga Inggris ini harus dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, termasuk salah satunya menggelar pertandingan tanpa penonton. Beberapa tim Liga Inggris yang dikenal berisik berkat suporternya pun harus menelan pil pahit atas keputusan ini.

Salah satunya adalah Liverpool. Seperti diketahui, The Reds dikenal dengan pendukungnya yang militan. Nyanyian dan warna merah kerap menghiasi kandang mereka, Anfield.

Menyadari bahwa di laga-laga selanjutnya tak ada dukungan dan sorak sorai penonton, Jurgen Klopp pun merasa kecewa. Baginya akan menjadi pengalaman berbeda memandu anak asuhnya berlaga tanpa riuh penonton.

“Ya, itu terasa berbeda tentunya. Anda harus terbiasa dengan itu (bermain tanpa penonton). Tapi saya menyukainya. Setelah menjajal selama tiga kali, saya merasa baik-baik saja,” ujar Klopp dilansir Independent.

Untuk mengakali atmosfer yang akan hilang di Anfield kala Liverpool berlaga, Klopp pun lantas meminta anak asuhnya untuk menciptakan atmosfer pertandingan tersendiri guna mengangkat mental serta memberi dampak kepada permainan mereka.

“Saya berpikir sebelumnya, jujur saya tak punya pengalaman di masalah ini, bahwa akan sangat canggung (bermain tanpa penonton). Tapi kami harus menciptakan atmosfer kami sendiri dalam pertandingan yang ada,” lanjutnya.

Selain menjalani laga tanpa dukungan suporter, Liverpool sendiri berpotensi merayakan gelar juara Liga Inggris yang mereka dapatkan tanpa sorak sorai dan parade bersama para penggemarnya.

Liverpool akan menjalani laga lanjutan Liga Inggris 2019/20 pada Senin (22/06/20) WIB dengan menjalani derbi Merseyside melawan Everton.