Liga Spanyol

Tak Dihargai Barcelona, Ini 5 Bintang Jebolan La Masia yang Terlupakan

Selasa, 16 Juni 2020 22:20 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Isman Fadil
© getty images
Karena tak dihargai Barcelona, ada lima bintang jebolan La Masia yang kian terlupakan. Copyright: © getty images
Karena tak dihargai Barcelona, ada lima bintang jebolan La Masia yang kian terlupakan.

INDOSPORT.COM - Barcelona terkesan menjadi salah satu klub besar yang mendominasi di LaLiga Spanyol. Diperkuat banyak bintang berbakat termasuk La Masia, ada lima pemain jebolan akademi muda yang terlupakan.

Seperti klub sepak bola profesional pada umumnya, Barcelona juga memiliki semacam pabrik penghasil calon bintang berbakat masa depan demi masa depan gemilang. Disinilah La Masia memiliki peran penting untuk bangkitkan kekuatan calon skuat utama.

Beberapa jebolannya seperti Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Carles Puyol, Victor Valdes, Pep Guardiola, Jordi Alba, dan Gerard Pique pernah mengukir banyak prestasi gemilang tak hanya sebagai pemain, melainkan juga pelatih.

Meski sebagian ada yang putuskan untuk tetap mengabdi di tim senior Barcelona, ada beberapa lulusan akademi muda yang pergi atau bahkan tak dilirik oleh skuat utama. Sebut saja Adama Traore yang justru menjadi striker mengerikan bareng Wolverhampton Wanderers di Inggris.

Tak hanya Traore, ada sekitar lima pemain yang tak mendapat kesempatan di Barcelona dan gemilang di klub lain. Berikut portal berita INDOSPORT merangkum lima bintang terlupakan yang pernah menuntut ilmu di La Masia dilansir Sportskeeda.

1. Mauro Icardi (PSG)

Icardi pernah menjadi salah satu pemain paling potensial yang dimiliki La Masia, terbukti dengan kesigapannya bela Barcelona U-17 dan Barcelona U-19 dengan total 36 gol. Akan tetapi ketika berada di tengah jalan, bintang asal Argentina ini putuskan pergi ke Sampdoria.

Tak berselang lama, dirinya lantas menjadi pemain paling berbakat yang pernah bela Inter Milan pada masanya. Selama lakoni masa bakti enam tahun, Icardi menutup kariernya di Nerazzurri dengan torehan 124 gol dan 28 assists dalam 219 penampilannya.

Menurut Sergi Barjuan selaku pelatihnya di La Masia, Icardi memiliki darah seorang Barcelona sehingga bisa menjadi pilihan lengkap bagi skuat utama. Sempat dapatkan kesempatan itu kala striker berusia 27 tahun ini dilepas Inter Milan, Blaugrana terbilang telat amankan jasa si pemain sebelum jadi milik PSG beberapa waktu lalu.

2. Dani Olmo (RB Leipzig)

Namanya mungkin tak terlalu tenar dalam daftar ini, maklum Olmo memilih untuk hengkang dari Barcelona dan gabung Dinamo Zagreb saat menginjak usia 16 tahun 2014 silam. Alasannya sendiri karena skuat utama enggan meliriknya.

Berada di Dinamo, Olmo lebih bisa dihargai setelah sukses bukukan 34 gol dan 28 assists dalam 124 penampilannya. Selain itu bintang asal Spanyol ini ikut menyumbang empat titel juara, tiga piala Kroasia, dan banyak penghargaan individu bergengsi.

Berkat ketekunannya, Olmo pun langsung digaet raksasa Jerman, RB Leipzig. Menurut penuturan sang pelatih, Julian Nagelsmann pemain berusia 22 tahun ini punya potensi besar sehingga bisa bantu klub menang 2-0 atas Hoffenheim.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%