In-depth

Melihat Perbandingan Prestasi Indra Sjafri dan Shin Tae-yong

Senin, 22 Juni 2020 17:24 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut ini perbandingan prestasi pelatih Indra Sjafri yang siap besut Timnas Indonesia dan juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut ini perbandingan prestasi pelatih Indra Sjafri yang siap besut Timnas Indonesia dan juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Berikut ini perbandingan prestasi pelatih Indra Sjafri yang siap besut Timnas Indonesia dan juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong.

Di tengah wabah virus corona (COVID-19) yang masih melanda berbagai negara di dunia ini, termasuk Indonesia ada sebuah kabar mengejutkan.

Tepatnya pada pentas sepak bola nasional, dimana pelatih Timnas Indonesia teranyar Shin Tae-yong mencurahkan kegundahannya tentang sikap PSSI.

Hal itu tercurahkan dalam sebuah wawancara dengan media massa Korea Selatan, pekan lalu. Dalam tanya-jawab tersebut Shin Tae-yong bercerita banyak hal.

"PSSI sering berganti kepengurusan dan kebijakan. Sekjen Ratu Tisha yang punya kemampuan besar dan sangat disukai masyarakat tiba-tiba berhenti, April," kata Shin dinukil News Joins.

Tak hanya itu, dirinya juga tak habis pikir kenapa tiba-tiba PSSI menunjuk Indra Sjafri masuk dalam jajaran staf kepelatihan Timnas Indonesia.

Lalu keheranan pelatih berusia 49 tahun itu makin bertambah kala Indra Sjafri pamit tanpa izin kala Timnas Indonesia U-19 melakukan pemusatan latihan di Thailand.

Shin Tae-yong sempat ingin memberi maaf tetapi sikap eks juru taktik Bali United itu merasa semua tak ada masalah yang begitu berarti.

Kemudian PSSI mengangkat mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu menjadi Direktur Teknik Skuat Garuda alias posisinya berada di atas Shin Tae-yong.

"PSSI seharusnya fokus terhadap sepak bola. Negara-negara yang telah mengembangkan sepak bolanya lebih dikenal orang, ketimbang pejabat federasinya," ujar Shin Tae-yong.

© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia. Copyright: Roihan Susilo Utomo/INDOSPORTShin Tae-yong saat resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Penjelasan tersebut pun turut membuat pria asal Sumatera Utara itu angkat bicara. Indra Sjafri menjelaskan kronologi yang sebenarnya terjadi dari sudut pandangnya.

Penjelasan eks Timnas Indonesia U-22 itu terpampang jelas dalam laman resmi PSSI. Indra Sjafri pun menekankan tetap mendukung kinerja Shin Tae-yong.

Akan tetapi pria yang membawa Egy Maulana Vikri gabung Lechia Gdansk itu berpendapat kalau apa yang diutarakan eks Seongnam Ilhwa Chunma FC cuma cari alasan.

"Dia ini sebenarnya banyak alasan saja karena tak yakin bisa memenuhi target berat yang dibebankan PSSI," jelas Indra Sjafri, Sabtu (20/06/20).

Kisruh ini turut membuat Ketua Satgas Timnas Indonesia Syarif Bastaman mengeluarkan sinyal akan mendepak Shin Tae-yong dari kursi kepelatihan.

Sebab sang pelatih diminta untuk hadir ke Indonesia dalam waktu dekat. Namun Shin Tae-yong sempat usul agar pemusatan latihan di Korea Selatan saja.

Atas cekcok tersebut kini beredar pula rumor dimana posisi Shin Tae-yong berpotensi digantikan oleh Indra Sjafri, yang dinilai lebih bisa.

Menanggapi hal ini, Indra Sjafri mengaku kalau dirinya nyaman ditempatkan di mana saja. Terlebih dirinya mengawali karier dari kelompok usia.

"Walaupun saya punya rekam jejak kepelatihan dari Timnas Indonesia U-17, U-18, U-19, dan terakhir U-22. (Hanya) Timnas Indonesia senior yang belum. Doakan saja," jelas Indra.

Terlepas dari hal tersebut ada sisi menarik yang bisa diketahui bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan rumor yang menyebutkan Indra Sjafri siap besut Timnas Indonesia.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana prestasi Shin Tae-yong dan Indra Sjafri dalam membesut sebuah tim nasional sejauh ini.