Liga Indonesia

Umuh Muchtar Tak Masalah Liga 1 2020 Digelar Tanpa Penonton

Kamis, 25 Juni 2020 08:13 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, tidak mempermasalahkan jika kompetisi Liga 1 2020 digelar tanpa penonton. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, tidak mempermasalahkan jika kompetisi Liga 1 2020 digelar tanpa penonton.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, tidak mempermasalahkan jika kompetisi Liga 1 2020 digelar tanpa penonton andai jadi dilanjutkan kembali pada September atau Oktober mendatang.

Menurut Umuh, kehadiran penonton sangat penting, karena akan menambah motivasi bagi pemain dan juga menjadi salah satu sumber pemasukan bagi tim dari penjualan tiket.

Hanya saja, kondisi saat ini masih belum memungkinkan pertandingan digelar dengan penonton. Akibatnya, Pak Haji, sapaan akrab petinggi Persib ini, meminta semua pihak bisa menerima aturan tersebut, untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

"Kalau tanpa penonton itu dipertimbangkan dan diperhitungkan. Klub-klub lain juga gimana kalau tanpa penonton. Banyak klub lain yang juga mengharapkan hasil dari tiket. Hasil tiket kan sangat membantu," kata Umuh Muchtar saat ditemui di kediamannya di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Rabu (24/06/2020).

"Persib kan mengharapkan seperti itu. Tapi kalau PSSI (memutuskan) harus tanpa penonton, ya apa boleh buat tanpa penonton dulu," jelas Umuh menambahkan.

Ia yakin, saat penyebaran corona atau covid-19 di Indonesia mulai menurun, pertandingan Liga 1 2020 bisa digelar kembali dengan penonton. Meski begitu, jumlah yang hadir di stadion masih harus dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan, seperti diberi jarak penonton satu dengan yang lainnya.

"Mudah-mudahanlah September Oktober aman ada penonton. Jarak saja, satu selang atau dua bangku jaraknya. Itu akan lebih aman. Kalau ada yang tidak beli tiket ketahuan karena lebih kelihatan. Itu lebih bagus," ucapnya.

"Silang saja kursinya, atau tiga (kosong) satu (isi) jadi nanti Bobotoh yang nonton juga bergilir. Kan bisa beli tiket online, yang pernah nonton ditolak jangan dulu. Nanti yang belum, dimasukkan (bisa nonton), itu kan tidak susah," jelas Umuh Muchtar.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai tanggal kick off untuk kompetisi Liga 1 2020. Hanya saja, Madura United sudah mendapat bocoran bahwa kompetisi tersebut bakal dimulai kembali pada 18 September atau 1 Oktober.