Liga Indonesia

Bocoran Liga 1 Dimulai 18 September Atau 1 Oktober, Ini Tanggapan Umuh Muchtar

Kamis, 25 Juni 2020 06:11 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menanggapi bocoran jadwal kick off kompetisi Liga 1 2020 yang akan digulirkan kembali. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menanggapi bocoran jadwal kick off kompetisi Liga 1 2020 yang akan digulirkan kembali.

INDOSPORT.COM – Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menanggapi bocoran jadwal kick off kompetisi Liga 1 2020 yang akan digulirkan kembali pada 18 September atau 1 Oktober 2020.

Menurut Umuh, pihaknya akan mengikuti keputusan yang diambil oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai jadwal kick off  Liga 1 2020. Pasalnya, kedua pihak itu dinilai lebih mengetahui mengenai teknis kompetisi.

Hanya saja, Umuh berharap protokol kesehatan harus diperhatikan saat kompetisi digulirkan kembali. Karena, saat ini penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Kalau betul seperti itu kenapa tidak. Kalau benar ya silakan, asal Covid-nya sudah jelas (menurun), termasuk keamanan soal kesehatan yang harus dikawal terus," kata Umuh Muchtar saat ditemui di kediamannya di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Rabu (24/06/2020).

Jika sudah ada kepastian mengenai jadwal kick off, menurut pria yang akrab disapa Pak Haji ini, tim Persib akan segera mengumpulkan kembali pemainnya dan menggelar latihan untuk persiapan menghadapi lanjutan Liga 1 2020.

"Kalau sudah OK ya sudah bisa semua. Kita juga harus kumpulkan pemain, kaya yang di Brasil kan agak susah juga. Kalau Nick ada di sini. Kalau sampai mereka belum datang agak masalah. Apalagi di Brasil agak gawat," ungkapnya.

"Tapi kalau semua OK bisa berjalan termasuk pesawat dari luar negeri mungkin ya kenapa tidak. Saya sih lebih cepat lebih bagus," ucap Umuh menambahkan.

Seandainya bisa memilih jadwal kick off, ia menilai idealnya Liga 1 2020 dimulai pada Oktober, dengan harapan kondisi Indonesia sudah membaik. Meski begitu, ia tetap menyerahkan sepenuhnya mengenai jadwal kepada PSSI dan PT LIB.

"Idealnya sih Oktober ya, itu tuh mungkin agak aman, pemain pelatih lengkap. Kalau September mulai tapi latihan kan mulai Juli, satu bulan setengah menurut saya ga ada masalah,” kata Umuh Muchtar.

“Kalau semua siap, yang lain juga kenapa tidak, kalau semua sudah datang, yang lain latihan sama. Satu bulan - dua bulan latihan, saya rasa gak masalah," jelas petinggi Persib ini.

Sebagai informasi, bocoran jadwal kick off kompetisi yang akan digelar pada 18 September atau 1 Oktober 2020 didapat salah satu tim Liga 1 2020, Madura United, melalui Direktur Madura United, Haruna Soemitro.