Liga Inggris

Jalan Oxford United, Klub Erick Thohir yang Selangkah Lagi Promosi ke Divisi Satu Liga Inggris

Selasa, 7 Juli 2020 18:29 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Instagram/Erick Thohir
Dibeli Erick Thohir pada akhir tahun 2018, Oxford United kini selangkah lagi bisa promosi meninggalkan League One ke Divisi Championship Liga Inggris. Copyright: © Instagram/Erick Thohir
Dibeli Erick Thohir pada akhir tahun 2018, Oxford United kini selangkah lagi bisa promosi meninggalkan League One ke Divisi Championship Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Dibeli Erick Thohir pada akhir tahun 2018, Oxford United kini selangkah lagi bisa promosi meninggalkan League One ke Divisi Championship Liga Inggris.

Berawal pada akhir tahun 2018, pengusaha yang sempat menjadi pemilik Inter Milan dan juga DC United, Erick Thohir, melebarkan sayapnya dengan membeli saham klub Liga Inggris Oxford United.

Erick Thohir tak sendiri, dirinya juga menggandeng pengusaha Indonesia lainnya, Anindya Bakrie untuk mengakusisi saham klub yang bermain di League One Liga Inggris.

Secara struktur English Football League (EFL), berada di League One (Divisi dua), jalan Oxford United memang masih jauh untuk bisa menembus Premier League (Divisi Utama). Mereka harus lebih dulu bisa menembus level Championship (Divisi satu) sebelum bisa ke kasta utama Premier League.

Namun dengan potensi Oxford United yang diyakini oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie saat awal mereka mengakusisi klub tersebut,  langkah kedua pengusaha Indonesia itu kini menjadi sangat tepat seiring keberhasilan Oxford United selangkah lagi bisa promosi ke Championship Liga Inggris.

Oxford United di League One 2019/20

Mengawali musim 2019/20 hanya sebagai penghuni peringkat ke-12 League One musim sebelumnya, jalan Oxford United sama sekali tak menunjukan potensi meyakinkan bahwa mereka bisa menembus Championship Liga Inggris musim depan.

Di awal musim, Oxford United hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Sunderland, menang 1-0 atas Peterborough dan menelan kekalahan di tiga pertandingan selanjutnya secara berturut.

Sempat kembali menelan sekali imbang dan sekali kalah lagi, sejak pekan ke-8 baru jalan Oxford United terlihat lebih baik. Dari pekan ke-8 itu mereka tak sekalipun lagi menelan kekalahan hingga sampai pekan ke-21, saat akhinya harus takluk di tangan MK Dons 0-1.

Namun meski kembali kalah, jalan Oxford United masih sangat stabil. Mereka masih bisa berada di papan tengah, bahkan merangkak ke papan atas, hingga sempat berada di peringkat dua pada pekan ke-24 dan 26.

Sayang sejak saat itu, perlahan Oxford United mulai menurun. Bahkan akibat tiga kali gagal meraih kemenangan secara berturut mulai pekan ke-32 (dua imbang, satu kalah), membuat  peluang mereka untuk promosi ke Championship Liga Inggris lewat jalur playoff pun terancam gagal.

Beruntungnya setelah hasil tersebut, di tiga pertandingan berikutnya hingga musim diakhiri, tiga kemenangan berhasil mereka kemas. Sehingga bisa berada di peringkat empat, yang membuat mereka berhak berlaga di babak playoff untuk memperbutkan sisa satu tiket promosi ke Championship Liga Inggris. Bersaing bersama Portsmouth, Fletwood, dan juga Wycombe Wanderers.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%