Liga Spanyol

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Barcelona

Minggu, 12 Juli 2020 19:42 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Barcelona Copyright: © INDOSPORT
5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Barcelona

INDOSPORT.COM - Klub kontestan LaLiga Spanyol, Barcelona merupakan klub yang besar di kalangan sepak bola dunia. Banyak pemain terkenal yang hadir di klub asal Catalan tersebut. Akan tetapi ada juga beberapa pemain yang tidak memiliki keberuntungan bermain di klub sekelas Barca.

Banyak pemain bintang sepak bola yang memiliki cita-cita bermain di Barcelona karena memiliki prestasi yang luar biasa. Tak hanya keinginan dari para pemain, melainkan keinginan dari pihak klub sendiri juga sering mendatangkan pemain bintang.

Beberapa pemain bintang mereka dalam satu dekade terakhir adalah lulusan akademi Barcelona sendiri, seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Pedro, Xavi, dan Sergio Busquest. Namun ada juga pemain yang mereka beli seperti, Antoine Griezmann.

Namun, siapa sangka bahwa sekelas pemain bintang juga pernah merasakan kegagalan saat bermain di Barcelona. Banyak faktor yang terjadi saat mereka bermain sangat tidak konsisten di klub asal Spanyol tersebut.

Berikut 5 Bintang yang Gagal Bersinar di Barcelona:

1. Alexander Hleb

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2009 silam, Alexander Hleb mengaku bahwa dirinya sangat menyesal telah meninggalkan Arsenal demi pindah ke Barcelona.

Tercatat, Hleb bergabung dengan Barcelona dari Arsenal pada tahun 2008 silam dengan biaya transfer 13 juta poundsterling atau sekitar 235 miliar rupiah. Alasan kepindahannya ke Catalan tersebut ia yakini membuka pintu kesuksesan yang baru dalam karier sepak bolanya.

Pemain asal Belarusia ini rupanya harus berjuang keras di Camp Nou. Selama satu musim, performanya semakin tidak konsisten. Ia tidak bisa mencetak gol satu pun dalam musim perdananya di Barcelona. Dirinya gagal dalam penyesuaian dari Arsenal ke Catalan.

Bermain di Barcelona hanya terhitung satu musim, setelah itu dipinjamkan ke tiga klub seperti Stuttgart, Birmingham City dan Wolfsburg. Setelah itu kontraknya berhenti pada tahun 2012 silam di Camp Nou.

2. Arda Turan

Arda Turan bergabung bersama Barcelona dari Atletico Madrid dengan biaya transfer sebanyak 24 juta poundsterling atau sekitar 435 miliar rupiah pada tahun 2015 lalu. ia menandatangani kontrak tersebut saat Catalan masih dalam larangan transfer.

Dengan penampilan yang luar biasa dan kreatif saat membela Atletico Madrid, Turan harusnya mampu bersinar di Barcelona. Akan tetapi, itu saja tidak menjami dirinya bermain sekreatif saat membela mantan klubnya.

Pemain timnas Turki tesebut gagal bersinar di Barcelona, meski dirinya sudah mencatatkan 55 penampilan untuk Blaugrana di semua kompetisi dan hanya mencetak 15 gol. Penampilan yang tidak konsisten tersebut membuatnya Arda Turan pinjamkan ke klub Istanbul Basaksehir selama dua tahun.