In-depth

Kalvin Phillips, Seniman Lapangan Hijau Jelmaan Andrea Pirlo dari Yorkshire

Minggu, 19 Juli 2020 15:21 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Pat Scaasi/MI News/NurPhoto via Getty Images
Kalvin Phillips adalah salah satu kunci kesuksesan Leeds United merengkuh gelar juara Divisi Championship sekaligus meraih tiket promosi ke Liga Primer Inggris. Copyright: © Pat Scaasi/MI News/NurPhoto via Getty Images
Kalvin Phillips adalah salah satu kunci kesuksesan Leeds United merengkuh gelar juara Divisi Championship sekaligus meraih tiket promosi ke Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COMLeeds United berhasil menjadi juara Divisi Championship sekaligus memastikan diri untuk tampil di Liga Inggris musim depan.

Puja-puji ditujukan pada sosok Marcelo Bielsa yang secara cemerlang mampu merevolusi Leeds United untuk kembali tampil di Liga Inggris setelah absen selama 16 tahun lamanya.

Namun ada satu sosok yang terlewat dari puja-puji tersebut. Sosok tersebut adalah Kalvin Phillips, jenderal lini tengah Leeds United yang mendapat julukan sebagai Andrea Pirlo dari Yorkshire.

Penampilannya garang bak singa lapar di tengah sabana. Dengan rambut ikal yang dikuncir ke belakang, Phillips adalah sosok kunci di balik kegemilangan Leeds United dalam usahanya untuk merengkuh gelar juara sekaligus meraih tiket promosi ke Liga Inggris musim 2019/20 ini.

Bergabung dengan akademi Leeds pada usia 15 tahun, gelandang enerjik kelahiran Yorkshire ini adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dilahirkan oleh Leeds United. Saking apiknya, Bielsa langsung memutuskan untuk membangun tim dengan Phillips sebagai sentralnya.

Di bawah arahan El Loco, pemain berusia 24 tahun ini menjelma menjadi gelandang masa depan timnas Inggris. Umpan akurat dan determinasi tinggi menjadi ciri khas yang selalu ditunjukkan oleh Phillips selama 2 musimnya di bawah bimbingan Bielsa.

Dilansir dari Daily Mail, dirinya bahkan masuk ke dalam nominasi pemain yang kemungkinan besar bakal dibawa oleh Gareth Southgate ke Euro 2020 tahun depan.

Menilik statistiknya di Divisi Championship musim ini, wajar saja jika Southgate pun kepincut untuk memakai Phillips di timnas Inggris. Dengan rataan 1,8 umpan kunci yang mampu diciptakan dari 40 pertandingan yang dia mainkan, dirinya berhasil mengungguli nama-nama top seperti Jordan Henderson dan Declan Rice yang saat ini menghiasi daftar skuat lini tengah The Three Lions.