Liga Italia

Transformasi Gattuso, dari Preman Lapangan Jadi Peracik Taktik Ulung

Sabtu, 8 Agustus 2020 21:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Francesco Pecoraro/Getty Images
Transformasi Gattuso, dari Preman Lapangan Jadi Peracik Taktik Ulung. Copyright: © Francesco Pecoraro/Getty Images
Transformasi Gattuso, dari Preman Lapangan Jadi Peracik Taktik Ulung.

INDOSPORT.COM - Mengintip transformasi pelatih Napoli saat ini, Gennaro Gattuso, yang sempat menjadi preman lapangan hijau kini menjelma sebagai peracik taktik ulung.

Napoli sendiri akan melanjutkan perjuangan mereka di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 dengan menghadapi Barcelona di pertemuan leg kedua, Minggu (9/8/20) dini hari WIB.

Bertanding di stadion Camp Nou, tim tamu Napoli bakal menjalani laga sengit saat bersua peraih lima kali juara Liga Champions di partai hidup-mati.

Selain menjadi tuan rumah, Barcelona juga diuntungkan dengan gol tandang usai di leg pertama berhasil bermain imbang 1-1. Namun hasil tersebut belum benar-benar mengamankan langkah El Barca nanti.

Sebab Napoli sedang dalam kondisi on fire usai meraih trofi Coppa Italia 19/20. Bahkan pencapaian tersebut terasa spesial, lantaran Partenopei menjadi juara setelah mengalahkan Juventus yang merupakan Capolista Serie A Italia di partai final.

Selain faktor pemain yang tampil impresif, kehadiran Gennaro Gattuso sebagai otak permainan juga menjadi penyebab kegemilangan Napoli sejauh ini.

Dalam daftar jajaran pelatih top Eropa, sosok Gennaro Gattuso bukanlah yang terbaik. Dirinya lebih dikenal sebagai pemain, terutama saat memperkuat AC Milan periode 1999-2010.

Saat masih aktif bermain, gelandang kelahiran Corigliano Calabro ini dikenal sebagai pemain bertipe ngotot dan keras. Tak cuma ngotot saat bermain, tapi juga ngotot ketika perang urat syaraf dengan pemain lawan. 

Itulah sebabnya ia dijuluki sebagai 'Rino' yang dalam bahasa Italia berarti 'Badak'. Sudah banyak orang di lapangan yang terlibat perkelahian dengan dirinya, mulai dari pemain sampai asisten pelatih. 

Bersama Jaap Stam dan Marco Materazzi, ketiganya menjadi ‘penjahat’ di Liga Italia yang kerap bermain kasar bahkan berujung hukuman kartu dari wasit.

Terkenal bengal di lapangan, citra Gennaro Gattuso perlahan pudar usai dirinya menjabat sebagai pelatih. Meski masih terlihat kasar, namun sikap temperamennya sedikit berkurang bahkan jadi pendiam saat menakhodai Napoli.