Liga Spanyol

Melihat Kembali Pelatih Barcelona yang Membuat Lionel Messi Betah di Camp Nou

Selasa, 18 Agustus 2020 19:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Lionel Messi dan Pep Guardiola saat masih melatih Barcelona. Copyright: © Getty Images
Lionel Messi dan Pep Guardiola saat masih melatih Barcelona.

INDOSPORT.COM – Setelah Quique Setien di depak dari Barcelona, perlulah kita menengok kembali deretan pelatih Barcelona yang membuat Lionel Messi betah di Camp Nou.

Lionel Messi dikabarkan mengancam akan mengakhiri pengabdiannya selama 15 tahun di Barcelona dengan pindah ke klub lain. Ancaman itu berawal dari kekecewaannya pada manajemen klub yang tak becus memilih pelatih.

Ya. Spekulasi bahwa bintang berpasport Argentina itu akan hengkang dimulai sejak Barcelona mengalami musim 2019-2020 yang sangat mengecewakan di bawah kepimpinan Quique Setien.

Ditumbangkan Athletic Bilbao di Copa del Rey, kalah saing dengan Real Madrid di LaLiga Spanyol, dan puncaknya dibantai Bayern Munchen dengan skor 8-2 di Liga Champions menjadikan musim 2019/20 ini menjadi salah satu musim paling buruk yang pernah dialami oleh klub asal Catalan itu.

Semua hasil buruk itu menggambarkan betapa monotonnya gaya kepelatihan mantan pelatih Real Betis ini sehingga membuat Lionel Messi muak dengan suasana di Camp Nou.

Blaugrana sendiri bakal mengumumkan pengganti Setien dalam waktu dekat, dengan legenda timnas Belanda, Ronald Koeman digadang-gadang bakal mengisi kursi kepelatihan ini.

Nah, sebelum Messi terikat kontrak dengan pelatih baru Blaugrana nanti, ada baiknya kita melihat secara statistic siapa sih pelatih yang pernah menikmati penampilan terbaik Lionel Messi.

Frank Rijkaard (2004-2008)

Frank Rijkaard  bukanlah pelatih yang populer di kalangan Barcelona, namun sejatinya dia mempersembahkan trofi Liga Champions di musim 2005-2006. Ini merupakan trofi pertama yang dimenangkan Barca sejak 1992.

Kemudian Rijkaard menjadi sosok yang sangat berjasa di dalam mengenalkan Messi remaja ke tim senior di Camp Nou. Berkat tangan dingin Rijkaard, Messi berhasil mengamankan tempat di skuat utama.

Tercatat Messi memainkan 110 pertandingan di bawah arahan pelatih asal Belanda ini, dengan dirinya mencetak 42 gol dan 27 assist. Dia memenangkan dua gelar LaLiga pada tahun 2005 dan 2006. Dia juga mencetak hattrick saat melawan Real Madrid di tahun 2006.

Pep Guardiola (2008 – 2012)

Messi bermain di bawah asuhan Pep Guardiola dalam periode yang sama ketika dia dilatih Rijkaard. Bersama pelatih Catalan ini pula, Messi menjelma jadi pesepak bola terhebat di planet ini.

Datang dari Barcelona B, Guardiola selalu punya ide-ide berani untuk mengolah tim senior Barcelona dan di dalam mengandalkan Messi di lini depan.

Guardiola yang kini menangani Manchester City itu pernah merancang rencana false-nine dengan mengandalkan Messi pada pukul empat pagi, di mana rencana ini memberi efek kehacuran bagi tim lawan.

Messi mencatatkan 219 pertandingan di bawah aragan Guardiola, mencetak 211 gol dan membukukan 93 assist. Produktivitas gol yang dicapai Messi ini bahkan melebihi Johan Cruyf, Ronaldo Nazario dan Ronaldinho.

Dia memenangkan 14 trofi bersama Guardiola, termasuk dua gelar Liga Champions, dan memenangkan Ballon D’Or selama empat tahun sebagai penghargaan individunya.