Liga Champions

Coutinho Bawa Bayern Juara Liga Champions, Liverpool Ogah Aji Mumpung

Senin, 24 Agustus 2020 12:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Visionhaus/Getty Images
Pemain pinjaman klub Bundesliga Jerman Bayern Munchen Philippe Coutinho (Brasil). Copyright: © Visionhaus/Getty Images
Pemain pinjaman klub Bundesliga Jerman Bayern Munchen Philippe Coutinho (Brasil).

INDOSPORT.COM – Liverpool kabarnya tidak akan meminta bonus kepada Barcelona setelah Philippe Coutinho mengantarkan Bayern Munchen juara Liga Champions, Senin (24/08/20).

Bayern Munchen dinobatkan sebagai jawara Liga Champions usai menundukkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 1-0 di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal. Gol semata wayang untuk kemenangan Bayern dicetak oleh Kingsley Coman.

Diketahui, dengan keberhasilan Bayern, sejatinya mereka bisa membuat Liverpool menerima tambahan bonus sebesar 5 juta euro (Rp 87 miliar) dari Barcelona, yang membeli Coutinho dari jawara Liga Inggris ini pada Januari 2018.

Dalam klausul pembelian Coutinho, tertera kewajiban Barcelona untuk membayar 5 juta euro ke Liverpool jika pemain asal Brasil itu mengangkat trofi Liga Champions. Selain itu tidak ada ketentuan di klub mana Coutinho merebut gelar trofi itu.

Akan tetapi dilansir dari Liverpool  Echo, bonus 5 juta pounds itu dipahami hanya akan dikantongi tim asuhan Jurgen Klopp apabila Coutinho tampil apik selama turnamen.

Sementara di babak final Liga Champions dini hari, Coutinho hanya menjadi pemain cadangan. Penyerang berkebangsaan Brasil itu diminta turun pada menit 68 menggantikan Serge Gnabry.

Penampilan Coutinho di final ini berbanding terbaik saat dia menjadi pahlawan bagi Bayern di babak semifinal. Kala itu, dia mengantongi dua gol dan assist untuk Bavarians untuk membantu tim menggilas Lyon dengan skor 8-2.

Selain itu bonus itu juga hanya akan dibayarkan apabila Coutinho, seandainya tidak dipinjamkan ke Bayern, mampu mencatatkan 15 penampilan lagi untuk tim Catalan. Sayangnya, catatan bermain itu tak mungkin dicapai Coutinho mengingat dia sudah tak terpakai sejak musim lalu.

Perlu diketahui, Barcelona memang masih memiliki kewajiban membayar bonus ke Liverpool, saat Coutinho didatangngkan dengan biaya transfer bernilai rekor sebesar 155 juta poundsterling.

Saat itu Barca hanya membayar 106 juta poundsterling secara tunai, sedangkan sisannya  sebesar 36 juta poundsterling dibayarkan dalam bentuk bonus secara bertahap sesuai penampilan Coutinho.

Kini masa peminjaman Coutinho di Bayern Munchen akan tuntas pada akhir Agustus. Bayern sejatinya punya opsi mempermanenkan Coutinho dengan mahar 101 juta pounds.

Di sisi lain, Barca sepertinya tidak jadi melepas Coutinho. Menurut kabar, Ronald Koeman selaku pelatih anyar bakal mengandalkan jasa Coutinho di Camp Nou.