In-depth

'Derby della Tonali', Akhir Perburuan Sengit 2 Rival Sekota

Selasa, 1 September 2020 13:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Perburuan wonderkid Italia, Sandro Tonali, di bursa transfer oleh klub raksasa dari Kota Milan akhirnya memasuki babak akhir. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Perburuan wonderkid Italia, Sandro Tonali, di bursa transfer oleh klub raksasa dari Kota Milan akhirnya memasuki babak akhir.

INDOSPROT.COM - Perburuan wonderkid Italia, Sandro Tonali, di bursa transfer oleh klub raksasa dari Kota Milan akhirnya memasuki babak akhir. 

Bursa transfer Serie A Italia diramaikan dengan saga perebutan pemain muda berbakat Brescia, Sandro Tonali. Tak kurang dari tiga klub papan atas Italia, yakni Juventus, AC Milan, dan Inter Milan, menginginkan jasa pemain 20 tahun tersebut. 

Namun, seiring waktu hanya dua klub yakni AC Milan dan Inter Milan yang akhirnya terus melesat berebut tanda tangan pemain Timnas Italia ini. 

Nama Sandro Tonali memang sudah sering disebut-sebut sejak musim lalu. Sejumlah klub termasuk dari luar Italia pun tertarik padanya. 

Di musim ini, Sandro Tonali menjadi andalan di lini tengah Brescia. Meski Brescia terdegradasi, Tonali bermain apik dalam 34 pertandingan di Serie A Italia dengan mencetak 1 gol dan 7 assist.

Memasuki bursa transfer musim panas jelang musim 2020-2021, namanya kian sering menghiasi media di Italia karena jadi rebutan dua klub sekota, AC Milan dan Inter Milan.

Mestinya ke Inter?

Baik AC Milan maupun Inter Milan sama-sama menyatakan ketertarikan kepada Sandro Tonali. Namun kepada Inter Milanlah, presiden Brescia, Massimo Cellino, lebih berkenan. 

Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, memberitakan bahwa Inter dan Sandro Tonali sudah menjalin kontak sejak lama. Bahkan, I Nerazzurri sudah mencapai kata sepakat dengan Sandro Tonali secara personal. 

Hanya saja, Inter belum bisa memenuhi permintaan dari Brescia sebesar 35 juta euro untuk sang pemain. Meski begitu, lobi yang dilakukan CEO Inter Milan, Beppe Marotta, mampu membuat Massimo Cellino menutup pintu tawaran terhadap Tonali dari klub lain di luar Italia. 

Akan tetapi, di lain sisi Cellino juga menunggu tawaran menggiurkan dari Juventus. Meski pada akhirnya hal itu tidak terjadi. 

Dalam waktu bersamaan, AC Milan juga tengah memburu alternatif pengganti Sandro Tonali seperti Tiemoue Bakayoko dan gelandang bertahan lainnya. Milan dikabarkan telah memberikan tawaran kepada Brescia sebelumnya, tetapi jumlahnya masih lebih kecil dari Inter. 

© Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
Sandro Tonali saat memperkuat Timnas Italia Copyright: Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty ImagesSandro Tonali saat memperkuat Timnas Italia

Dibanding Inter, AC Milan lebih tertinggal dalam perburuan Sandro Tonali. Akan tetapi, keputusan mengejutkan dibuat Inter Milan beberapa hari lalu. 

Dikabarkan oleh Sky Sports, Inter Milan memilih mundur dalam perburuan Tonali karena sang pelatih, Antonio Cone, lebih memilih pemain berpengalaman seperti Arturo Vidal di posisi tersebut. 

Hal itu segera dimanfaatkan dengan baik oleh Paolo Maldini dan Ferederic Massara. Sudah menjalin kontak terlebih dahulu, Paolo Maldini langsung menaikan tawaran dengan formula yang tak bisa ditolak oleh presiden Brescia.