Bursa Transfer

Gabung ke Man United, Donny Van de Beek Ternyata Nyaris Jadi Petani

Selasa, 1 September 2020 17:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Soccrates/Getty Images
Calon pemain baru Manchester United, Donny Van de Beek, mungkin akan menjadi seorang petani jika dia tidak bertemu legenda Arsenal, Dennis Bergkamp di Ajax. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Calon pemain baru Manchester United, Donny Van de Beek, mungkin akan menjadi seorang petani jika dia tidak bertemu legenda Arsenal, Dennis Bergkamp di Ajax.

INDOSPORT.COM – Calon pemain baru Manchester United, Donny Van de Beek, mungkin akan menjadi seorang petani jika dia tidak bertemu legenda Arsenal, Dennis Bergkamp, di Ajax Amsterdam. 

Donny Van de Beek tengah menjadi sorotan dunia menyusul kepindahannya ke Manchester United dari Ajax Amsterdam tinggal menungguk waktu saja.

Hal itu dikarenakan Manchester United telah menyanggupi permintaan Ajax Amsterdam untuk membayar 40 juta euro demi menebus gelandang berkebangsaan Belanda ini.

Bakat sepak bola pemain 23 tahun itu pertama kali ditemukan oleh legenda ikonik Arsenal, Dennis Bergkamp. Saat Van de Beek berusia 10 tahun kala itu, Bergkamp yang merupakan pelatim tim junior Ajax Amsterdam membantu mengembangkan potensi sang pemain.

Usut punya usut, Van de Beek sejatinya hampir menjadi seorang petani mengikuti jejak keluarganya bila dia tidak ditemukan oleh legenda ikonik Arsenal, Dennis Bergkamp, saat usianya 10 tahun.

Dilansir dari Sun Sport, hal ini dikarenakan ibunya, Gerdina sempat mengira Van de Beek tidak suka sepak bola setelah melihat putranya lebih suka memanjat-manjat pohon di ladang pertanian.

Diketahui, Van de Beek dibesarkan dari keluarga petani yang tinggal di kawasan Nijkerk yang terkenal dengan lahan pertaniannya. Van de Beek sendiri sering membantu pekerjaan sehari-hari ibunya untuk memastikan ketersediaan pangan.

Akan tetapi ayahnya, Andre, tidak ingin Van de Beek hanya berakhir menjadi seorang petani, sehingga dia mendaftarkan putranya untuk menimba ilmu sepak bola di Veensche Boys.

“Setelah sesi latihan pertama, dia benar-benar laku dan bola tidak pernah hilang dari hidupnya,” kata Andre kepada AjaxShowtime pada 2016 silam.

Di usianya yang baru 10 tahun, Van de Beek pun mendapatkan tawaran dari sejumlah klub, termasuk Utrecht, Feyenoord dan PSV Eindhoven. Namun dia memiliki Ajax karena keluarganya memiliki tiket musiman dengan klub tersebut.

Bermain di Ajax Amsterdam, bakat Van de Beek pun langsung diasah oleh legenda ikonik Arsena, Dennis Bergkamp yang saat itu menjadi pelatih tim Ajax junior.

Bergkamp pun membantu membentuk Van de Beek menjadi seorang playmaker mumpuni, hingga akhirnya dia dipromosikan ke tim Ajax senior pada 2015 silam.

Torehan terbaik Van de Beek untuk Ajax ketika dia mengantarkan tim  mencapai semifinal Liga  Champions 2018-2019, mencetak empat gol di sepanjang perjalanan mereka dan membuat 40 gol di semua kompetisi selama tiga musim terakhir.

Van de Beek sendiri akan menjadi rekrutan pertama Ole Gunnar Solskjaer untuk Manchester United pada musim panas ini, dengan sang pelatih kabarnya hanya akan membeli sedikit pemain.

Kehadiran Donny van de Beek nanti baka membuat lini tengah Manchester United semakin kuat dan bervariasi. Soalnya, Donny van de Beek diketahui sangat cakap ketika harus bermain sebagai gelandang bertahan, tengah hingga serang.