Bola Internasional

Didominasi Real Madrid, Ini 5 Gelandang 'Tua-tua Keladi' Terbaik Dunia

Minggu, 6 September 2020 19:12 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Didominasi Real Madrid, ini lima gelandang 'Tua-tua Keladi' terbaik di dunia. Copyright: © Getty Images
Didominasi Real Madrid, ini lima gelandang 'Tua-tua Keladi' terbaik di dunia.

INDOSPORT.COM - Gelandang menjadi salah satu posisi paling penting dalam sepak bola modern. Didominasi dari Real Madrid, ini lima pemain tengah berusia di atas 30 tahun yang masih memiliki predikat terbaik dunia.

Usia terkadang menjadi halangan utama para pesepak bola untuk terus berkarya. Maklum, fakta akan performa tergantung usia membuat sebagian besar pemain kalah saing dengan para pendatang baru karena beda usia yang begitu besar.

Sebagai contoh ada Andre Schurrle selaku mantan bintang Chelsea yang pensiun di usia 29 tahun, lalu ada Mario Gomez kala berusia 35 tahun dan Claudio Pizarro saat berusia kepala empat. Akan tetapi ada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang justru kian memukau di usia matang.

Tak cuma Ronaldo dan Messi, ternyata ada beberapa gelandang yang patas memiliki julukan Tua-tua keladi alias makin tua makin jadi karena performanya. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum lima nama yang didominasi Real Madrid dilansir Sportskeeda.

5. Luka Modric - Real Madrid (34 tahun)

Keberhasilan Real Madrid menjuarai liga domestik musim lalu tak lepas dari peran serta playmaker lawasnya, Luka Modric. Gelandang asal Kroasia ini terkesan berhasil menyandang titel pemain legendaris usai tetap mampu tunjukkan taji di usia 34 tahun.

Penampilan Modric terkesan mengagumkan usai sukses merusak dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam perebutan Ballon d'Or beberapa tahun terakhir. Ya, ia mampu menjadi pemain terbaik sejagad pada 2018 lalu.

Daya magis geladang ini cenderung sukses membuatnya jadi pilihan utama skuat asuhan Zinedine Zidane dalam rangka menguasai pentas Eropa. Walaupun mendapat kritik performa Modric tak seperti masa jayanya di musim 2017-2018, ia terlihat akan tetap bertahan karena masih tergolong mampu bermain di tingkat tinggi.

4. Santi Cazorla - Villarreal/Al Sadd (35 tahun)

Santi Cazorla mungkin layak menyandang sebagai pemain yang dianugerahi sebagai pemain bertahan terbaik. Bagaimana tidak? Saat masih berusia 27 tahun ia menjadi pemain kunci kejayaan Arsenal di tangan Arsene Wenger pada musim 2012-2013.

Sempat membantu memenangkan dua Piala FA, Cazorla harus rela kehilangan tempat dari The Gunners karena rentetan cedera. Kembali ke Villarreal, ia sukses membuktikan jika usia hanyalah angka dan mampu kian menggila dalam torehan 15 gol dan 11 assists selama masa baktinya di The Yellow Submarine.

Kini berpindah ke raksasa Qatar, Al Sadd, Cazorla malah tak menunjukkan tanda-tanda penurunan dan siap menunjukkan potensinya lagi walau sudah berusia 35 tahun. Sebagai bukti kualitasnya, ia pernah membantu Timnas Spanyol sukses menguasai kejuaraan Eropa dan mampu menampilkan taktik Tiki-Taka dengan gemilang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%