Bola Internasional

5 Daftar Golden Player Euro U-21 Sejak 2010, Bagaimana Kabarnya Kini?

Senin, 14 September 2020 19:49 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© UEFA.com
Menilik kiprah para peraih Golden Player Euro U-21 dalam 1 dekade terakhir. Bagaimana kabarnya kini? Copyright: © UEFA.com
Menilik kiprah para peraih Golden Player Euro U-21 dalam 1 dekade terakhir. Bagaimana kabarnya kini?

INDOSPORT.COM – Bagi pecinta sepak bola, kompetisi sepak bola terakbar di Eropa adalah Euro dan Liga Champions. Hal tersebut benar adanya. Namun bukan berarti hal tersebut menyingkirkan fakta bahwa ada kompetisi Euro U-21 yang menjadi panggungnya para pemain muda benua biru.

Euro U-21 merupakan kompetisi untuk pemain dari berbagai negara Eropa dengan kategori usia 21 tahun. Kompetisi ini berbeda dengan Euro. Pasalnya, ajang ini diselenggarakan dua tahun sekali.

Setiap dua tahun sekali, muncul banyak pemain muda bertalenta yang lahir dari ajang Euro U-21. Sebagai contoh, pecinta sepak bola tentu tak asing dengan nama Fabio Cannavaro, Luis Figo, Petr Cech, dan Andrea Pirlo.

Keempat pemain legendaris ini menancapkan namanya di panggung dunia berkat kompetisi Euro U-21 bersama negaranya masing-masing. Bisa dikatakan, kompetisi ini menjadi ladang bagi para pemain muda menarik minat tim-tim besar Eropa.

Euro U-21 sendiri terakhir diselenggarakan pada 2019 silam di mana Spanyol lagi-lagi menjadi kampiun. Hal ini menjadi bukti nyata bagaiamana La Furia Roja selalu siap meregenerasi skuatnya di setiap tahunnya.

Dalam setiap kompetisi, pasti ada salah satu pemain menonjol yang mendapat anugerah pemain terbaik atau pada ajang ini disebut Golden Player. Dalam 10 tahun terakhir, Spanyol menjadi penyumbang terbanyak pemain terbaik di Euro U-21.

Hal tersebut terlihat dari lima daftar pemain Golden Player Euro U-21 selama satu dekade terakhir. Berikut INDOSPORT rangkum dalam daftar di bawah ini.

1. Juan Mata (2011)

Juan Mata menjadi pemain kedua Spanyol yang mampu meraih predikat Golden Player di Euro U-21. Pemain Spanyol pertama yang meraihnya adalah Francesc Arnau pada tahun 1998 silam.

Penghargaan pemain terbaik kompetisi pun pantas diraih Juan Mata pada 2011 silam. Sebab dia menjadi kreator Spanyol saat itu dengan kreatifitasnya dalam formasi yang dibuat Luis Milla.

Setelahnya, ia dipinang oleh Chelsea dan membawa The Blues menjadi kampiun Liga Champions di musim perdananya dan Liga Europa di musim keduanya. Torehannya pun bukan main, 32 gol dan 58 assist mampu dicetaknya bersama klub asal London barat tersebut.

Kini Juan Mata masih berkarier dan membela Manchester United. Sayangnya, sinarnya perlahan meredup seiring menuanya usai sang pemain.