Bola Internasional

5 Klub Eropa dengan Pemasukan Terbanyak dari Penjualan Pemain 1 Dekade Terakhir

Kamis, 17 September 2020 05:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© INDOSPORT
Berikut 5 klub Eropa yang mendapat pemasukan besar dari penjualan pemain dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Copyright: © INDOSPORT
Berikut 5 klub Eropa yang mendapat pemasukan besar dari penjualan pemain dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

INDOSPORT.COM - Di musim panas, jagat sepak bola Eropa selalu disibukkan dengan urusan jual beli pemain. Biasanya, tim-tim benua biru akan mencari pemain atau melepas pemain guna mempersiapkan tim jelang bergulirnya musim kompetisi.

Untuk bursa transfer Eropa, dalam tiga tahun terakhir, banyak tim berlomba-lomba menggelontorkan dana besar demi mendatangkan pemain yang disukai. Angka transfer pun tak terbilang kecil.

Bahkan dalam tiga tahun terakhir, banyak tim besar yang rela mengeluarkan uang hingga triliunan rupiah hanya untuk membeli satu pemain saja. Sebagai contoh, Neymar yang diboyong Paris Saint-Germain dari Barcelona memakan biaya transfer sebesar 200 juta euro lebih.

Angka tersebut terbilang gila. Sebab, dengan angka tersebut, seseorang bisa saja membeli saham mayoritas sebuah klub di Eropa. Namun, angka tersebut tak jadi masalah tentunya bagi PSG yang dimiliki biliyuner asal Qatar.

Transfer Neymar pada 2017 sempat mengguncangkan jagat transfer. Sebab, angka yang dikeluarkan PSG dianggap menyalahi aturan FFP (Financial Fair Play) yang ditetapkan oleh UEFA pada 2009 dan diberlakukan pada 2011-2012.

Konsep FFP ini memaksa setiap tim untuk menjaga keuangan klub dan menghindarkan sebuah klub dari jurang kebangkrutan. Dengan kata lain, tim-tim Eropa harus memiliki pendapatan yang dikurangi pengeluaran dan tak mendapat hasil minus.

Kebijakan ini pun memaksa setiap tim harus pandai dalam mengelola keuangan klub. Sebab, bila ketahuan melanggar FFP, UEFA akan memberikan sanksi berat kepada tim tersebut.

Agar tak minus, untuk berbelanja pemain, setiap tim harus memperhitungkan pendapatan di tahun tersebut. Ada dua cara yang dilakukan, yakni membeli pemain sesuai pendapatan atau menjual pemain untuk menambah pendapatan.

Nantinya penjualan pemain akan memberi imbas pada pendapatan dan membuat setiap tim bisa berbelanja dengan leluasa untuk mendatangkan pemain yang diinginkan.

Jika berbicara penjualan pemain, tak banyak tim yang dapat meraup hasil maksimal. Namun dalam kurun 10 tahun terakhir, terdapat lima klub Eropa yang mendapat pemasukan luar biasa dari penjualan pemain.

Berikut INDOSPORT rangkum lima klub Eropa yang bisa mendapat pemasukan luar biasa dari penjualan pemain dalam 10 tahun terakhir.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%