Liga Spanyol

Akan Turun Takhta dari Barcelona, Ini 3 Dosa Bartomeu yang Dibenci Cules

Sabtu, 19 September 2020 17:10 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Akan segera tinggalkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, ini tiga dosa presiden Josep Maria Bartomeu yang dibenci oleh para Cules. Copyright: © Getty Images
Akan segera tinggalkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, ini tiga dosa presiden Josep Maria Bartomeu yang dibenci oleh para Cules.

INDOSPORT.COM - Para penggemar Barcelona alias Cules nampaknya punya kebencian besar dengan presiden klub, Josep Maria Bartomeu. Segera turun dari takhta raksasa LaLiga Spanyol, ini beberapa dosa si orang nomor satu.

Semenjak hasil mengecewakan musim lalu lewat kegagalan meraih gelar di liga domestik maupun pentas Eropa, gerakan turunkan Bartomeu terus dikumandangkan. Para penggemar seolah ikut satu suara dengan Lionel Messi yang sudah mengancam angkat kaki.

Ya, imbas gelar LaLiga Spanyol direbut Real Madrid dan menerima malu dibungkam 2-8 oleh Bayern Munchen di Liga Champions membuat sang bintang muak. Namun ia gagal pergi dan terpaksa menetap semusim lagi setelah Barcelona mengancam klausul rilis yang wajib dipatuhi.

Mendapati tekad Lionel Messi yang sampai ingin pergi setelah 16 musim membuat Cules prihatin dan mendesak agar presiden klub segera diganti. Melihat hal itu, segenap civitas Barcelona sudah melakukan gerakan mosi tak percaya yang sudah ditandatangani 20 ribu orang lebih.

Rezim Josep Maria Bartomeu segera berakhir, berikut INDOSPORT merangkum beberapa alasan orang terpenting Barcelona ini wajib untuk segera lepaskan jabatannya, dilansir laman berita Squawka.

1. Hambur-hamburkan Uang Tanpa Hasil Setimpal

Alasan pasti mengapa Bartomeu membuat para Cules geram ialah buruknya manajemen untuk menggunakan lulusan La Masia. Alih-alih kembangkan tradisi para pemain muda di tim junior, imej Barca kini ternoda karena pemain baru yang terlalu mahal.

La Masia sejatinya menjadi andalan Barcelona semenjak beberapa tahun terakhir, sebut saja kehadiran Carles Puyol, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Lionel Messi yang punya torehan apik. Namun kini justru jauh berbeda.

Bartomeu membuat citra lama itu pudar dengan menyetujui kedatangan Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, yang jika ditotal punya harga transfer nyaris 400 juta euro (Rp7 triliun).

Tak cuma gemar buat pemborosan yang kini berimbas nyaris kebangkrutan karena corona, ia juga jadi biang kerok beberapa pemain tak jelas yang tak pernah injak kaki ke Camp Nou. Beberapa namanya ialah Paulinho, Matheus Fernandes, atau Gustavo Maia.

Ada satu nama lagi yakni Martin Braithwaite yang dianggap sebagai pembelian darurat Azulgrana lewat harga 18 juta euro (Rp316 miliar) dari Leganes. Striker asal Denmark ini pun tak pelak hanya jadi cadangan saja tanpa turun di beberapa laga penting musim lalu.