Bola Internasional

5 Pemain Buangan Real Madrid yang Bersinar di Klub Lain

Selasa, 6 Oktober 2020 21:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© TF-Images/ Getty Images
Fabinho, gelandang tangguh Liverpool yang merupakan pemain eks Real Madrid Copyright: © TF-Images/ Getty Images
Fabinho, gelandang tangguh Liverpool yang merupakan pemain eks Real Madrid

INDOSPORT.COM – Lima pemain berikut ini pernah merasakan menjadi orang buangan di Real Madrid. Namun siapa sangka kariernya menanjak bersama klub lain selepas dari Los Blancos.

Real Madrid, bisa dibilang klub terbersar di dunia sepak bola, dengan jutaan penggemar yang setia mengikutinya. Hal ini tak lepas dari banyaknya gelar juara yang sudah mereka raih, serta akademi sepak bola yng terkenal menghasilkan beberapa pemain legendaris, seperti Raul dan Iker Casillas.

Selain itu, Real Madrid juga dikenal sukses di dalam merekrut pemain-pemain berkelas dunia lewat bursa transfer. Sebut saja Sergio Ramos, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, yang punya catatan mentereng di Santiago Bernabeu.

Meski begitu, ada juga beberapa pemain yang tidak beruntung ketika berseragam Los Blancos. Mereka yang gagal akhirnaya dikirim ke klub lain, baik itu dalam bentuk pembelian permanen maupun pinjaman.

Di antara para pemain yang gagal tersebut, rupanya ada lima pemain yang menikmati musimnya dengan apik bersama klub baru mereka.

5. Juan Mata

© TheFA.com/EmiratesFACup
Gelandang serang Manchester United, Juan Mata merayakan golnya ke gawang Wolves saat pertandingan Piala FA. Copyright: TheFA.com/EmiratesFACupGelandang serang Manchester United, Juan Mata merayakan golnya ke gawang Wolves saat pertandingan Piala FA.

Setelah mengawali karier di Real Oviedo, Juan Mata bergabung dengan akademi Real Madrid pada 2003. Dia pun menghabiskan satu musim di divisi Segunda bersama Real Madrid Castilla.

Namun, Ma memutuskan meninggalkan klub pada 2007 untuk hijrah ke Valencia. Di sana dia mencatatkan dirinya sebagai salah saatu talenta paling menarik di Spanyol.

Mata kemudian diboyong Chelsea senilai 27 juta euro. Bersama The Blues, dia turut memenangkan Liga Champions dan Liga Europa. Dia kemudian beralih ke Manchester United pada 2014 dengan nilai 45 juta euro.

Sejak saat itu, dia telah mencatatkan 250 penampilan lebih di semua kompetisi untuk Man United, termasuk memenangkan beberapa Liga Europa, Piala FA dan Piala Liga Inggris.

4. Fabinho

© Twitter.com/liverpoolfc
Divock Origi dan Fabinho saat membela Liverpool di laga pramusim melawan Sporting Lisbon. Copyright: Twitter.com/liverpoolfcDivock Origi dan Fabinho saat membela Liverpool di laga pramusim melawan Sporting Lisbon.

Fabinho, jebolan akademi klub Brasil, Fluminense, mengawali kariernya di Eropa sebagai pemain pinjaman Real Madrid dari Rio Ave pada 2012 silam.  Namun, posisinya hanya mentok di Castilla.

Dia hanya mencatat satu penampilan untuk tim Senior saat pertandingan LaLiga melawan Malaga. Setelah itu, dia tidak ingin dipermanenkan Los Blancos.

Fabinho lantas bergabung dengan AS Monaco, yang awalnya sebagai pemain pinjaman dan kemudian dipermanenkan. Bersama klub Prancis ini, dia membukukan hampir 250 penampilan di semua kompetisi.

Kariernya yang moncer di Monaco membuat Liverpool tertarik untuk merekrutnya dengan nilai 45 juta euro. Pemain 26 tahun itu sampai saat ini masih jadi andalan Jurgen Klopp, termasuk memenangkan Liga Champions dan Liga Inggris dalam dua musim terakhir.