Liga Italia

Miris, 4 Mantan Pemain AC Milan Berstatus Tanpa Klub, Ada Eks Barcelona

Kamis, 8 Oktober 2020 02:45 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Empat mantan pemain, AC Milan kini menepi dari lapangan hijau lantaran berstatus tanpa klub. 

Seyogyanya jika sebuah klub melakukan gonta-ganti pemain dalam satu musim itu adalah hal yang biasa. Begitu pula yang dilakukan oleh AC Milan.

Klub peraih tujuh gelar Liga Champions tersebut sering merotasi pemain dalam satu dekade terakhir. AC Milan melakukan itu karena performanya dianggap menurun drastis hingga tak layak disebut klub besar eropa lagi.

Mulai dari pemain senior, bintang muda, dan lulusan akademi sudah pernah dicoba AC Milan untuk merombak skuat demi menemukan kejayaannya kembali.

Efek dari perombakan skuat itu tentu saja mengakibatkan adanya pemain yang terbuang. Entah itu karena gagal bersaing atau jasanya sudah tidak dibutuhkan lagi. 

Pemain yang terbuang itu juga akan kesulitan untuk mencari pelabuhan baru baru karena raportnya bersama AC Milan kurang memiliki nilai jual. Tak jarang akhirnya mereka akan menganggur tanpa ada tawaran dari klub profesional.

Berikut adalah empat pemain AC Milan yang kurang beruntung setelah meninggalkan klub yang bermarkas di San Siro itu.

1. Ivan Strinic

Ivan Strinic yang sedianya digaet AC Milan dari Sampdoria pada Juni 2018, diputus kontraknya pada bursa transfer musim panas 2019. 

Ia sebenarnya telah menekaen kontrak selama dua tahun. Namun belum sempat tampil, bek asal Kroasia itu lebih dulu terkena masalah jantung.

Keberadaan Strinic di Milan makin terdesak karena pada musim panas lalu Rossoneri mendatangkan Theo Hernandez. Sebelumnya, Milan sudah memiliki Ricardo Rodriguez di pos bek kiri.

Meski belum menyatakan pensiun, pesepakbola berusia 33 tahun itu kini menganggur alias berstatus tanpa klub dan masih bergelut dengan penyakit yang dideritanya. 

2. Allan Halilovic

Halilovic mendarat di Rossoneri dengan status bebas transfer dua musim panas lalu. Akan tetapi, ia hanya mampu mencatat tiga penampilan pada musim perdananya di klub, yang semuanya datang di Liga Europa dan belum pernah merasakan panasnya Serie A.

Winger 23 tahun tersebut lantas dikirim ke Standard Liege dalam kesepakatan pinjaman selama 18 bulan Januari lalu, namun masa pinjamannya dipangkas dan ia lalu bergabung klub Eredivisie Heereveen dengan status pinjaman.

Mantan penggawa Barcelona tersebut sempat dilibatkan dalam latihan pramusim Il Diavolo musim panas ini yang memunculkan narasi bahwa ia akan dimasukkan dalam skuat Stefano Pioli pada musim 2020-21.

Namun, setelah 25 bulan gagal beradaptasi, manajemen AC Milan akhirnya memutus kontrak Allan Halilovic pada Selasa (06/10/20).