In-depth

Lima Tahun Memalukan Kiper-kiper Liverpool

Jumat, 9 Oktober 2020 14:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images
Entah ada apa dengan Jurgen Klopp dan para kiper Liverpool, sebab sejak ditanganinya, raksasa Liga Inggris tersebut sering bermasalah pada pos hulu itu. Copyright: © Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images
Entah ada apa dengan Jurgen Klopp dan para kiper Liverpool, sebab sejak ditanganinya, raksasa Liga Inggris tersebut sering bermasalah pada pos hulu itu.

INDOSPORT.COM - Entah ada apa dengan Jurgen Klopp dan para kiper Liverpool, sebab sejak ditanganinya, raksasa Liga Inggris tersebut sering bermasalah pada pos hulu itu.

Betapa berbunga-bunganya hati Marcelo Pitaluga saat menginjakkan kaki di Melwood, Kamis (08/09/20) kemarin waktu setempat. Bagaimana tidak, di usia 17 tahun ia bergabung bersama salah satu tim terbesar di dunia saat ini, Liverpool.

Dari menjadi kiper pelapis Muriel Becker di Serie A bersama Fluminense, ia kini menjadi deputi dari saudara laki-laki Muriel, Alisson Becker di Anfield yang notabene adalah kiper nomor satu Brasil saat ini.

Liverpool melakukan manuver di pengujung bursa transfer. The Reds mendatangkan kiper baru untuk melengkapi empat kiper yang telah mereka miliki sebelumnya.

Keputusan manajemen untuk memiliki lima kiper tak lain karena buruknya para kiper pelapis yang dimiliki The Reds. Sejak Jurgen Klopp mengambil alih, Liverpool selalu saja dirugikan di pos paling hulu itu.

Kedatangan Alisson Becker dengan nilai transfer 72,5 juta euro dua tahun lalu nyatanya tak mampu mengangkat masalah tersebut. Bukan soal performa Becker yang buruk, melainkan para kiper pelapis yang mengecewakan.

Sejak musim lalu dan awal musim ini, Liverpool dibuat kesal oleh blunder-blunder yang dibuat oleh Adrian. Ya, kiper 33 tahun yang sebelumnya main untuk West Ham itu kembali membuat blunder layaknya musim lalu.

Blunder itu terjadi saat Liverpool (yang kehilangan Alisson Becker karena cedera) dibantai Aston Villa 7-2. Kesalahan yang dibuat Adrian berbuah gol pertama Aston Villa.

Adrian memberikan operan pendek untuk Joe Gomez yang malah disambar Jack Grealish untuk diteruskan kepada Ollie Walkins menjadi gol.

Gol cepat itu membuyarkan permainan Liverpool, hingga Adrian harus memungut bola enam kali lagi dari gawangnya. Ini bukan yang pertama bagi Adrian.

Opta mencatat, Adrian telah membuat lima kesalahan langsung (blunder) yang menyebabkan gawangnya kebobolan dari 21 penampilan bersama The Reds. Tentu saja salah satunya yang dilakukan di laga mahapenting melawan Atletico Madrid musim lalu.

© Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images
Adrian tampak kecewa di balik kekalahan Liverpool dari Atletico Madrid Copyright: Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty ImagesAdrian tampak kecewa di balik kekalahan Liverpool dari Atletico Madrid

Adrian bukan satu-satunya kiper bermasalah di Liverpool pada era Klopp. Datangnya Alisson Becker dengan mahar super mahal tak lain adalah untuk memperbaiki kinerja penjaga gawang generasi sebelum Adrian yang melempem.

Alisson Becker kembali harus mengalami cedera bahu awal musim ini. Penampilan buruk sang deputi, Adrian, pun menggenapi lima tahun masa memalukan kiper-kiper The Reds di bawah Klopp.