In-depth

Sepak Bola di Kehidupan The Beatles, Liverpool atau Everton?

Sabtu, 10 Oktober 2020 20:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images/Central Press
Berbicara soal sepak bola, The Beatles, Liverpool, dan Everton. Copyright: © Getty Images/Central Press
Berbicara soal sepak bola, The Beatles, Liverpool, dan Everton.

INDOSPORT.COM - The Beatles tidak lepas dari kota Liverpool dan begitu sebaliknya. Lalu apakah ada tempat khusus untuk sepak bola di hati band legendaris Inggris tersebut?

Pertanyaan ini mungkin sudah sering terlontar sejak lama. Namun alih-alih mendebatkan apakah para personelnya mendukung klub tertentu atau tidak, lebih baik membicarakan sejauh mana sepak bola menghiasi kehidupan mereka.

Belum lama ini tepatnya pada 9 Oktober, dunia memperingati hari lahir John Lennon. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bahkan sempat meluangkan waktunya untuk menyanyikan lagu-lagu The Beatles lewat sebuah video singkat.

Dalam video tersebut, Klopp terdengar menyanyikan “All You Need Is Love”, “Imagine”, dan “Yellow Submarine”.

Bukan hanya itu, pelatih klub rival Liverpool di Liga Inggris dan Merseyside, Everton yakni Carlo Ancelotti, juga merekam video untuk memperingati 80 tahun John Lennon. Namun sayangnya, ia tidak seromantis Klopp.

Alih-alih menyanyi, Ancelotti lebih memilih bicara saja seperti biasa. Ia mengungkapkan, Liverpool adalah kota yang tidak hanya terkenal dengan sepak bolanya, tetapi juga musiknya, terutama The Beatles.

The Beatles, band ini pertama dibentuk pada tahun 1960. Sejumlah nama berkaitan dengan mereka, namun yang paling terkenal adalah formasi Fab Four yang diisi oleh John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison.

Musik dan sepak bola memang sudah jadi hal lumrah di kota Liverpool. Bahkan, kolaborasi dua elemen ini dapat kita temui dalam beberapa kesempatan. Contohnya, ketika seluruh Merseyside bersatu untuk mengenang korban Tragedi Hillsborough.

Tepatnya pada tahun 2012 lalu, beberapa musisi dan tokoh, termasuk Kenny Dalglish, turut berpartisipasi dalam sebuah proyek musik bertajuk The Justice Collective.

Mereka membawakan lagu “He Ain’t Heavy, He’s My Brother”, yang membuat para suporter Liverpool dan Everton sama-sama menitihkan air mata terlepas dari rivalitas sengit di lapangan hijau.

Untuk itu, tentu rasanya sangat sulit membayangkan empat pria di The Beatles tidak menyukai sepak bola, apalagi mengingat seluruh kota sangat tergila-gila dengan olahraga ini.

Namun tepikan saja pikiran tersebut, mari melihat sejauh apa sepak bola berhubungan dengan band pelantun “Hey Jude” ini.