In-depth

Petaka Cedera ACL Virgil van Dijk untuk Liverpool

Jumat, 23 Oktober 2020 20:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, sedang dipusingkan dengan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang menimpa Virgil van Dijk. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, sedang dipusingkan dengan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang menimpa Virgil van Dijk.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, sedang dipusingkan dengan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang menimpa Virgil van Dijk.

Seperti diketahui, Van Dijk ditekel keras oleh kiper Everton, Jordan Pickford, di laga Derbi Mersyeside beberapa hari lalu. Akibatnya, pemain asal Belanda tersebut harus menepi sementara karena mengalami cedera parah.

Tentu saja hal ini membawa petaka besar bagi kubu The Reds mengingat Van Dijk adalah salah satu pemain andalan di lini belakang mereka, apalagi saat ini posisi kiper juga sedang dilanda masalah lantaran absennya Alisson Becker.

Sang pengganti, Adrian, juga tidak bisa diandalkan sehingga Jurgen Klopp harus cerdas memutar otak agar timnya tetap tampil apik layaknya musim lalu. Lalu, seberapa parahkan cedera Virgil van Dijk dan kapan ia bisa kembali merumput?

Salah satu dokter ternama yakni dr. Rajpal Brar sempat buka suara soal cedera ACL yang menimpa Van Dijk ini. Ia menyebut operasi yang harus dijalani sang pemain fokus pada rekonstruksi ligamen ACL yang pecah.

Biasanya, hal tersebut dilakukan dengan cara pencangkokan hamstring atau tendon patela sang pasien. Menurutnya, langkah ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Hal inilah yang nantinya bakal memengaruhi kapan Van Dijk bisa bermain lagi seperti sedia kala. Sebelumnya, diberitakan ia kemungkinan besar akan absen setidaknya tujuh atau delapan bulan.

Liverpool sendiri belum bisa memastikan kapan Van Dijk akan kembali ke lapangan. Sejauh ini mereka hanya mengumumkan bahwa sang pemain harus menjalani operasi, dilanjutkan rangkaian pemulihan oleh tim medis.

Semangat kuat dan kesungguhan hati juga berperan penting dalam proses penyembuhan seseorang dari penyakit maupun cedera. Begitu pula Virgil van Dijk yang mengaku akan berusaha sekuat tenaga agar dirinya segera pulih.

“Saya sekarang fokus penuh pada pemulihan. Saya akan melakukan segalanya untuk kembali secepatnya,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Dalam tulisannya untuk This Is Anfield beberapa waktu lalu, dr. Rajpal memperkirakan pemain yang cedera ACL bisa kembali ke lapangan dalam kurun waktu tujuh sampai sembilan bulan, meski ada yang lebih cepat dari itu.