Bola Internasional

Banyak Pemain Keturunan, Persaingan Lini Tengah Timnas Indonesia Kian Ketat

Minggu, 25 Oktober 2020 20:01 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PSSI
Jack Brown, salah satu pemain keturunan Indonesia yang tangguh dan berposisi di lini tengah Timnas Indonesia U-19. Copyright: © PSSI
Jack Brown, salah satu pemain keturunan Indonesia yang tangguh dan berposisi di lini tengah Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Banyaknya pemain keturunan Indonesia yang tangguh dan berposisi di lini tengah tampaknya dapat menjadi angin segar untuk masa depan Timnas Indonesia kelak. Lantas, siapa sajakah pemain keturunan yang berposisi menjaga barisan pertahanan sebuah tim?

Tanpa mengurangi rasa hormat penulis sebelumnya, sejatinya banyak pemain lokal di lini tengah Timnas Indonesia muda, terutama di level U-19 yang layak disejajarkan dengan para pemain keturunan Indonesia sepantaran yang berada di Eropa.

Sebut saja Witan Sulaeman, yang penampilannya di atas lapangan telah menarik perhatian klub Serbia, FK Radnik Surdulica, tertarik mendatangkannya. 

Lalu ada Beckham Putra Nugraha, Supriadi, Irfan Jauhari, Mohammad Kanu, Brylian Aldama, hingga kapten David Maulana yang dibawa oleh Shin Tae-yong dalam TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Walaupun demikian, kita tidak boleh menutup mata perihal banyaknya pemain-pemain keturunan Indonesia yang berposisi di lini tengah dan layak untuk mendapatkan perhatian dari Shin Tae-yong.

Tentu kita sadar bahwa cocok atau tidaknya kriteria yang dimiliki pemain muda ini nantinya akan dinilai oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Belum lagi Shin Tae-yong sendiri sempat mengatakan bahwa dirinya tengah memantau perkembangan para pemain keturunan Indonesia yang bisa saja dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-19 nantinya.

Akan tetapi, pria berusia 51 tahun ini mengakui bahwa ia tidak akan sembarangan dalam memilih pemain keturunan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia U-19. Hal utama yang harus dimiliki tentunya adalah harus punya kualitas.

© Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong 2. Copyright: Naufal/PSSIPelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong.

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia betul-betul melihat kemampuan pemain keturunan yang akan ia panggil ke Timnas Indonesia. Bahkan, dirinya mengakui ada banyak tahapan yang ia lalui dalam melihat satu pemain.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung," tegas Shin Tae-yong.

Kini Shin Tae-yong pun tak menutup kemungkinan akan kembali memanggil pemain keturunan lainnya. Bisa saja dalam pemusatan latihan selanjutnya, ia akan memanggil pemain baru.

"Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," pungkas Shin Tae-yong.

Apa yang diucapkan Shin Tae-yong memang selaras dengan kondisi di lapangan. Ada cukup banyak pemain muda Tanah Air yang berkiprah di luar negeri, baik keturunan maupun asli Indonesia. Hal ini sejatinya bisa menambah opsi bagi sang pelatih untuk menyambut turnamen sesungguhnya.

Lini tengah dalam sebuah tim sepak bola dinilai sangat krusial untuk mengatur tempo permainan, dan kebetulan banyak pemain muda keturunan Indonesia yang berposisi di lini tengah.

Tentunya, hal ini akan memperketat persaingan untuk meraih hati SHin Tae-yong lewat kemampuannya di atas lapangan. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.