In-depth

Mengapa Suzuki Bisa Begitu Dominan di MotoGP 2020?

Senin, 2 November 2020 18:14 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter@MotoGP
Para rider Suzuki begitu dominan di MotoGP musim 2020 ini, padahal di musim-musim sebelumnya mereka sering keteteran. Apa yang menyebabkan mereka begitu kuat? Copyright: © Twitter@MotoGP
Para rider Suzuki begitu dominan di MotoGP musim 2020 ini, padahal di musim-musim sebelumnya mereka sering keteteran. Apa yang menyebabkan mereka begitu kuat?

INDOSPORT.COM - Para rider Suzuki begitu dominan di MotoGP musim 2020 ini, padahal di musim-musim sebelumnya mereka sering keteteran. Apa yang menyebabkan mereka begitu kuat?

Luar biasa. Mungkin istilah itu yang bisa diberikan kepada performa tim Suzuki di MotoGP 2020 ini. 

Bagaimana tidak, salah satu pembalap mereka, Joan Mir, kini tengah berada di puncak klasemen dan berpeluang besar merebut gelar juara dunia. 

Joan Mir mengumpulkan 137 poin dari 11 seri. Walau belum pernah memenangi balapan, namun Joan Mir menjadi pembalap yang paling sering naik podium yakni enam kali. 

Pembalap asal Spanyol itu tercatat naik di podium GP Austria, GP San Marino, GP Emilia-Romagna, GP Aragon, dan teranyar GP Teruel. Mir bahkan meraih tiga kali podium beruntun dari San Marino sampai Aragon. 

Sementara pesaing terdekat Joan Mir, yakni Fabio Quartararo dari Yamaha Petronas, tergeser ke posisi dua dengan 123 angka. Meski berhasil memenangi tiga balapan, namun Quartararo tampil inkonsisten dan sering terlempar dari 8 besar.

Performa gemilang pembalap Suzuki musim ini bukan hanya milik Joan Mir, tetapi juga ada Alex Rins. Rins menjadi kuda hitam paling menjanjikan musim ini. 

Keputusan Suzuki untuk merekrutnya sangat tepat karena pembalap 24 tahun itu sanggup bersaing dengan rider-rider unggulan. Sejauh ini, Rins sudah tiga kali naik podium yang salah satunya adalah posisi pertama saat melakoni GP Aragon. 

Pada GP tersebut, dua pembalap Suzuki sekaligus berada di podium. Pemandangan yang amat langka kita lihat di balapan level tertinggi ini karena biasanya didominasi oleh Honda dan Yamaha. 

Pada kalsemen pembalap, Alex Rins berada di posisi keenam dengan 105 poin. Ia terpaut 32 angka dari rekan setimnya Joan Mir yang ada di puncak klasemen.