Liga Champions

2 Biang Kerok Kekalahan Manchester United dari Istanbul Basaksehir

Kamis, 5 November 2020 08:46 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ahmad Mora/DeFodi Images via Getty Images
Bruno Fernandes tampak kelelahan di laga Istanbul Basaksehir vs Manchester United Copyright: © Ahmad Mora/DeFodi Images via Getty Images
Bruno Fernandes tampak kelelahan di laga Istanbul Basaksehir vs Manchester United

INDOSPORT.COM - Kekalahan Manchester United dari lawannya, Istanbul Basaksehir pada ajang fase grup H Liga Champions kian ramai diperbincangkan. Banyak netizen dan pakar sepak bola menilai bahwa ada dua sosok yang menjadi biang kerok kekalahan klub berjuluk Setan Merah ini di Turki.

Bertandang ke Basaksehir Fatih Terim, kandang Istanbul Basaksehir, Manchester United tampil tanpa menggunakan kiper nomor satu mereka, David De Gea. Kiper Timnas Spanyol ini posisinya tergeser oleh Dean Henderson, yang digadang-gadang akan menjadi kiper utama di bawah naungan Solskjaer.

Menggunakan formasi 4-2-3-1, di atas kertas skuat Manchester United seharusnya bisa memenangkan laga Liga Champions kali ini dengan mudah. Keempat bek diisi oleh Luke Shaw, Harry Maguire, Axel Tuanzebe, dan Aaron Wan-Bisaka. Sementara dua lini tengah diisi oleh Donny van de Beek dan Nemanja Matic.

Sementara tiga pemain yang berposisi sebagai gelandang serang diisi oleh Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Juan Mata. Ketiganya ditugaskan untuk menyokong Anthony Martial yang berposisi sebagai penyerang tunggal.

Jalannya pertandingan pada 10 menit babak pertama berjalan seru. Akan tetapi, petaka terjadi saat Manchester United tengah asyik menyerang. Para pemain Setan Merah seakan lupa bagaimana caranya bertahan, sehingga membuat eks striker Chelsea, Demba Ba, sukses memperdaya Dean Henderson saat berhadapan satu lawan satu di menit ke-12.

Keunggulan Istanbul Basaksehir dari Manchester United kembali digandakan. Tepat di menit ke-40, Istanbul Basaksehir berhasil mencetak gol keduanya. Lewat skema serangan balik memanfaatkan kesalahan Juan Mata, Deniz Turuc melepaskan umpan silang datar dari sisi kanan pertahanan Man United dan mampu diselesaikan Edin Visca. Skor menjadi 2-0.

Tak butuh waktu lama, Man United pun berhasil memperkecil ketertinggalan. Anthony Martial mampu mengkonversi umpan silang Luke Shaw lewat tandukannya hingga berbuah gol pada menit ke-43. Skor menjadi 2-1.

Keunggulan 2-1 tuan rumah atas Manchester United bertahan bahkan hingga babak kedua selesai. Meskipun Ole Gunnar Solskjaer telah melakukan lima pergantian pemain, Manchester United tetap gagal menambah gol.

Hasil memalukan yang diraih oleh Manchester United di Liga Champions dari kandang Istanbul Basaksehir pun ramai diperbincangkan di lini masa Twitter maupun Instagram. Banyak netizen bahkan hingga pakar sepak bola yang mulai menyudutkan beberapa nama bintang Setan Merah sebagai sosok yang bertanggung jawab atas kekalahan ini.