Bola Internasional

3 Momen Emosi Park Hang-seo Meledak, Termasuk saat Lawan Timnas Indonesia

Kamis, 5 November 2020 17:58 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© bongda.com.vn
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, merasa dihina oleh pelatih kiper Thailand, Sasa Todic. Copyright: © bongda.com.vn
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, merasa dihina oleh pelatih kiper Thailand, Sasa Todic.

INDOSPORT.COM - Sosok pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo dikenal dengan karakternya yang keras dan tempramen. Beberapa momen emosional Park Hang-seo itu bahkan sempat terjadi saat menghadapi Timnas Indonesia.

Park Hang-seo menjadi salah satu sosok yang berjasa memberikan prestasi untuk Timnas Vietnam. Ia bahkan menjadi salah satu pelatih pelopor asal Korea Selatan yang melatih tim Asia Tenggara, hingga kiprahnya diikuti Shin Tae-yong yang memilih menangani Timnas Indonesia.

Park Hang-seo membawa Vietnam menjadi tim yang belum terkalahkan saat babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu. Ia juga berhasil membawa skuat Timnas Vietnam U-22 meraih medali emas di ajang SEA Games tahun 2019 lalu.

Vietnam membungkam Timnas Indonesia U-23 di partai final dengan skor akhir 3-0. Tangan dingin Park Hang-seo memang memberikan banyak perubahan besar untuk sepak bola Vietnam yang prestasinya makin diperhitungkan di level Asia, bahkan dunia.

Dikenal tegas dan disiplin saat menangani timnya, Park Hang-seo juga beberapa kali nampak tak bisa menahan emosinya saat pertandingan. Hal tersebut membuatnya mendapatkan masalah, mulai dari diusir hingga harus membayar denda.

Ledakan emosi pelatih 63 tahun itu juga pernah terjadi saat Timnas U-22 Vietnam bertemu dengan Indonesia. Berikut INDOSPORT merangkum 3 momen saat emosi Park Hang-seo meledak saat berada di dalam ataupun di luar lapangan.

Tengil saat Lawan Indonesia

Pelatih Vietnam, Park Hang Seo harus merogoh koceknua cukup dalam demi membayar denda setelah lakukan pelanggaran saat final SEA Games melawan Indonesia pada Desember 2019 lalu. 

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo mendapat kartu merah karena melakukan protes keras kepada wasit asal Arab Saudi, Majed Al-Shamrani yang bertugas di final SEA Games 2019 vs Timnas Indonesia U-23.

Park Hang-seo diusir wasit pada menit ke-77 ketika laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam dalam final sepak bola SEA Games 2019.

Alih-alih meminta maaf, saat ingin diusir wasit Park Hang-seo malah terlihat semakin panas dan emosi. Akhirnya setelah ditenangkan oleh beberapa official Vietnam, Park Hang-seo kemudian mau meninggalkan lapangan dan duduk di tribune penonton.

Buntut insiden tersebut, AFC pada Senin (10/2/20), mengeluarkan sanksi kepada Pak Hang-seo berupa larangan mendampingi tim dalam empat laga persahabatan, denda Rp64,8 juta, serta peringatan agar tidak melakukan pelanggaran serupa.