Liga Champions

5 Catatan Penting dari Kekalahan Manchester United atas Istanbul Basaksehir

Kamis, 5 November 2020 12:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Ahmad Mora/DeFodi Images via Getty Images
Manchester United secara mengejutkan kalah 1-2 dari Istanbul Basaksehir di matchday 3 fase grup Liga Champions. Berikut 5 catatan penting dari laga tersebut. Copyright: © Ahmad Mora/DeFodi Images via Getty Images
Manchester United secara mengejutkan kalah 1-2 dari Istanbul Basaksehir di matchday 3 fase grup Liga Champions. Berikut 5 catatan penting dari laga tersebut.

INDOSPORT.COMManchester United secara mengejutkan kalah 1-2 dari Istanbul Basaksehir di matchday 3 fase grup Liga Champions. Berikut 5 catatan penting dari laga tersebut.

Kejutan terjadi di matchday ketiga di Grup H Liga Champions, Kamis (05/11/20) dini hari WIB. Manchester United si pemuncak klasemen takluk saat bertandang ke markas Istanbul Basaksehir, juru kunci yang sebelumnya belum mencetak satu gol pun.

Kesalahan saat melakukan eksekusi sepak pojok membuat Demba Ba yang berdiri bebas sukses menuntaskan serangan balik Istanbul Basaksehir di menit ke-13. Menit keempat puluh, tuan rumah menggandakan keunggulan lewat aksi Edin Visca.

Manchester United sempat memperkecil ketertinggalan lewat Anthony Martial hanya tiga menit setelah gol Visca. Namun, hingga akhir laga Setan Merah tak mampu menyamakan kedudukan sehingga harus pulang dengan tangan kosong.

Kekalahan ini memutus catatan bagus Manchester United yang selalu menang di dua matchday pertama. Di sisi lain, hasil ini juga meneruskan catatan buruk pasukan Ole Gunnar Solskjaer, setelah pekan lalu kalah dari Arsenal di Liga Inggris.

Dari hasil ini, ada setidaknya lima catatan penting yang bisa dirangkum dari kekalahan yang dialami Manchester United dari Istambul Basaksehir di Liga Champions.

Berikut kelima catatan tersebut:

1. Organisasi Pertahanan Manchester United Masih Bermasalah

Kesalahan dilakukan MU di gol pertama Istanbul. Saat melakukan sepak pojok, sepuluh pemain mereka berada di daerah permainan lawan. Akibatnya, saat MU kehilangan bola, Edin Visca melepas umpan panjang kepada Demba Ba yang berlari bebas tak terkawal sebelum menundukkan Dean Henderson.

Insiden tersebut pun menimbulkan kecaman dari pemain legendaris Paul Scholes, yang menilai pertahanan timnya seperti tim U-10. Ia menyebut menyerang penuh saat sepak pojok tak seharusnya dilakukan saat laga baru berjalan 13 menit.

Kesalahan kembali terjadi saat gol kedua Istanbul. Lini belakang MU terlalu fokus mengawal Demba Ba sehingga Edin Visca tak terkawal untuk mencetak gol kedua.

Ole Gunnar Solskjaer kemudian merombak lini belakang dengan menarik keluar Axel Tuanzebe dan mendorong Nemanja Matic ke lini belakang. Namun, dua kesalahan di babak pertama membuat MU harus pulang dengan kekalahan.