Liga Inggris

Ada dari MU dan Liverpool, 5 Bintang Liga Inggris Pemilik Kaki Kanan dan Kiri yang Sama Baiknya

Sabtu, 7 November 2020 17:50 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Termasuk bintang Manchester United dan Liverpool, berikut ini 5 pemain Liga Inggris yang dikenal memiliki kemampuan kaki kanan dan kaki kiri yang sama baiknya. Copyright: © Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Termasuk bintang Manchester United dan Liverpool, berikut ini 5 pemain Liga Inggris yang dikenal memiliki kemampuan kaki kanan dan kaki kiri yang sama baiknya.

INDOSPORT.COM – Termasuk bintang Manchester United dan Liverpool, berikut ini 5 pemain Liga Inggris yang dikenal memiliki kemampuan kaki kanan dan kaki kiri yang sama baiknya.

Dalam permainan sepak bola, seseorang biasanya memiliki kaki yang lebih dominan. Kaki yang dimaksud biasanya memiliki kekuatan tendangan yang lebih baik, maupun akurasi yang lebih mumpuni, dibandingkan kaki satunya.

Hal ini pun dialami oleh sejumlah pesepak bola kelas atas. Lionel Messi, misalnya, dikenal memiliki kaki kiri yang sangat dominan. Sementara itu, legenda Inggris yakni David Beckham diketahui memiliki kaki kanan yang mematikan.

Meski demikian, ada pula pemain yang memiliki kemampuan kaki kanan dan kiri yang sama baiknya. Di kompetisi dengan permainan secepat Liga Inggris, kemampuan ini bisa menjadi senjata yang mumpuni.

Pasalnya kemampuan ini membuat mereka lebih sulit dihadapi oleh pemain lawan. Kemampuan ini membuat sang pemain bisa bergerak lebih bebas dan pergerakan mereka lebih sulit diduga.

Sejumlah pemain diketahui memiliki kemampuan yang disebut ambidextrous ini sejak lahir. Namun, ada pula yang memang melatih kaki yang lebih lemah agar seimbang dengan kaki dominannya.

Berikut ini 5 bintang Liga Inggris yang memiliki kemampuan kaki kanan dan kiri yang sama baiknya:

5. Youri Tielemans (Leicester City)

© Leicester City FC
Gelandang Leicester City, Youri Tielemans. Copyright: Leicester City FCGelandang Leicester City, Youri Tielemans.

Youri Tielemans langsung tampil gemilang sejak bergabung ke Leicester City pada Januari 2019. Akibatnya, ia pun kemudian dipermanenkan sejak Juni 2019 dan terus menjadi pemain kunci sejak saat itu. Musim ini saja, ia sudah tampil 10 kali di semua kompetisi dan menyumbang tiga gol.

Kemampuan bermain dengan kaki kanan dan kiri sangat menunjang perannya sebagai gelandang. Ia bisa dengan mudah mengarahkan bola ke kedua sayap atau ke depan, maupun menembak dari berbagai sudut. Dengan usia yang baru 23 tahun, Youri Tielemans bakal jadi aset jangka panjang Leicester.

4. Richarlison (Everton)

© Skysports
Richarlison, bintang Everton yang diincar Barcelona Copyright: SkysportsRicharlison, bintang Everton 

Richarlison mengawali perjalanannya di Everton sebagai pemain sayap berusia 20 tahun. Namun, belakangan ini ia lebih didorong ke depan. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan kedua kaki yang sama baiknya, entah saat menembak maupun menggiring bola.

Kedua hal itu membuat Richarlison menjadi pemain yang sulit dijaga karena pergerakannya tak terbaca. Selain itu ia pun bisa dimainkan di kedua sisi lapangan maupun di tengah. Keseimbangan kedua kakinya pun terlihat dari catatan golnya di Liga Inggris di mana 11 dari 32 golnya dicetak lewat kaki kiri.