Bola Internasional

5 Pemain Top Eropa yang Kemungkinan Bakal Pensiun Akhir Musim Ini

Kamis, 12 November 2020 16:06 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter @acmilan
Dengan usia yang tak lagi muda, lima bintang top di sepak bola Eropa ini pun berpotensi bakal penisun pada akhir musim 2020-2021 ini. Copyright: © Twitter @acmilan
Dengan usia yang tak lagi muda, lima bintang top di sepak bola Eropa ini pun berpotensi bakal penisun pada akhir musim 2020-2021 ini.

INDOSPORT.COM - Dengan usia yang tak lagi muda, lima bintang top di sepak bola Eropa ini pun berpotensi bakal penisun pada akhir musim 2020-2021 ini.

Pensiun bagi seorang atlet sepak bola, tentu menjadi momen yang penting dan emosional. Setelah berkarier selama bertahun-tahun, mereka tiba-tiba harus mengucapkan selamat tinggal.

Setelah pensiun, kebanyakan dari mereka akan kembali ke dunia sepak bola untuk menjadi pelatih atau berkarier di manajemen sebuah klub. Namun adrenalin ketika bertarung di lapangan rumput tentu tak akan pernah tergantikan oleh apapun.

Rata-rata usia aktor lapangan hijau untuk pensiun adalah 35 tahun ke atas. Saat ini, ada sejumlah pemain top sepak bola yang sudah memasuki penghujung karier.

Kemungkinan, mereka akan mengambil keputusan pensiun pada tahun depan selepas musim 2020/21 berakhir. Berikut ini lima pemain top di tanah Eropa yang bisa pensiun pada tahun 2021 mendatang, dikutip dari Sportskeeda.

1. Lukasz Piszczek

Lukasz Piszczek adalah salah satu pemain Borussia Dortmund yang paling loyal kepada klub. Bek sayap asal Polandia ini sudah menjadi bagian dari Dortmund sejak musim 2010/11.

Ia pernah mengantar Dortmund juara Bundesliga Jerman dua kali. Pemain berusia 35 tahun ini juga berperan penting dalam membantu klub mencapai final Liga Champions pada 2013 silam.

Ia sebenarnya sudah mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2020. Namun, dirinya menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun yang membuatnya tetap berada di klub hingga 2021.

Saat benar-benar mengakhiri kariernya nanti, Piszczek sudah jelas pantas disebut sebagai legenda Dortmund. Namanya mungkin jarang jadi pemberitaan, namun kontribusi besarnya untuk Die Borussens tentu akan selalu diingat sepanjang masa.

2. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic mengaku belum mau berhenti dari dunia sepak bola dalam waktu dekat. Pasalnya, pemain berusia 39 tahun ini masih menunjukkan penampilan yang impresif dan mampu mendongkrak performa AC Milan belakangan ini.

AC Milan dibawanya berada di puncak klasemen sementara Serie A Italia 2020/21. Rossoneri menang lima kali dari tujuh pertandingan pembukaan mereka musim ini.

Meski demikian, ia tak bisa melawan pertambahan usia. Satu-satunya alasan yang akan mungkin membuat dirinya pensiun adalah jika AC Milan mampu menghentikan hegemoni Juventus dalam ajang Serie A Italia.

3. Wayne Rooney

Karier Wayne Rooney terbilang aneh. Saat pemain "seangkatannya" seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih bermain di level tertinggi, ia justru memilih pergi ke Everton dan kemudian ke Amerika Serikat atau Major League Soccer (MLS).

Saat ini, pemain berusia 35 tahun ini berstatus sebagai player-manager di klub Derby County. Ia juga menjabat sebagai kapten klub, namun sayangnya mereka kini di posisi juru kunci di Championship League, atau kompetisi kasta kedua sepak bola Inggris.

Derby County berpotensi turun kasta, dan Rooney tampaknya akan lebih memilih pensiun jika itu terjadi. Rooney mungkin akan pensiun sebagai pemain, dan mencari petualangan baru sebagai pelatih.