Bola Internasional

Punya Pendapatan Selangit, Inilah 5 Klub yang Dinobatkan Terkaya di Liga Inggris

Jumat, 13 November 2020 17:42 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Inilah beberapa klub yang dikategorikan sebagai yang terkaya di Liga Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Inilah beberapa klub yang dikategorikan sebagai yang terkaya di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Inilah beberapa klub yang dikategorikan sebagai yang terkaya di Liga Inggris. Daftarnya masih dihuni oleh tim-tim besar.

Menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola banyak menyedot perhatian masyarakat untuk menyaksikan tim bertanding.

Oleh karena itu, hal ini berperan terhadap penghasilan dari klub-klub sepak bola, yang meliputi kesepakatan sponsor, pendapatan dari gaji, sampai hadiah uang.

Sebuah klub tak hanya bisa tampil di lapangan pada hari pertandingan, melainkan mesti bisa bermain di semua lini, supaya bisa meraih kesuksesan.

Liga Inggris merupakan kompetisi paling diikuti oleh penggemar sepak bola dan hasilnya tentu berdampak pada pundi-pundi keuangan dari masing-masing klub.

Dilansir dari Sportskeeda, inilah beberapa klub yang dikategorikan sebagai yang terkaya di Liga Inggris yang sudah disajikan oleh redaksi INDOSPORT.

1. Manchester United

Rasanya, Manchester United masih menjadi tim terkaya di Inggris, meskipun hanya mampu mencetak prestasi berada di peringkat ketiga Liga Inggris musim 2019/2020 dan lolos ke Liga Champions 2020/2021.

Ada noda yang terjadi di musim panas 2020 manakala Setan Merah gagal mendatangkan banyak pemain baru bertalenta dengan profil keuangan yang dimiliki, meskipun beberapa kali sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer melakukan pendekatan.

Namun demikian, dengan kembalinya mereka di Liga Champions musim ini, jelas mereka akan mendapat banyak hasil. Tercatat, pendapatan Manchester United kini mencapai 765 juta pound.

2. Manchester City

Manchester City berada di peringkat kedua klub paling kaya di Inggris dengan pengambilalihan yang dilakukan oleh Sheikh Mansour pada 2008.

The Citizens selalu jor-joran  di bursa transfer, sehingga bisa mendominasi di Liga Inggris, setidaknya dalam 10 tahun belakangan.

Selain itu, talenta-talenta yang didapat dari bursa transfer mampu membawa mereka beberapa kali berbicara di Liga Champions, tentunya di bawah asuhan Pep Guardiola yang mulai melatih pada 2016 silam.

Pendapatan Manchester City kini mencapai 678 juta pound dan menjadi tim terkaya kedua di Inggris.

3. Chelsea

The Blues berada di peringkat ketiga klub terkaya, terutama dengan cengkeraman taipan asal Rusia, Roman Abramovic sebagai pemilik.

Mereka mampu tampil bagus di level tertinggi, dengan hampir selalu berada di empat besar dalam beberapa musim belakangan.

Pandemi Covid-19 pun tak menggoyahkan mereka dan mampu belanja besar pada musim panas 2020 ini. Pendapatan Chelsea pada waktu ini mencapai 597 juta pound.

4. Arsenal

The Gunners beraa di peringkat keempat klub terkaya di Inggris, meskipun tengah mengalami periode  sulit dalam beberapa waktu belakangan.

Periode sulit ini terjadi usai Arsene Wenger hengkang dari klub dan digantikan pelatih asal Spanyol, Unai Emery.

Namun, di bawah Mikel Arteta, Arsenal mampu menyabet dua gelar, yakni Community Shield dan Piala FA, sehingga patut diperhitungkan sebagai salah satu klub kuda hitam di musim 2020/2021.

Kendati demikian, kegagalan untuk lolos ke Liga Champions musim ini membuat mereka sedikit kekurangan secara finansial.

Pendapatan yang didapat Arsenal dalam beberapa waktu belakangan adalah 520 juta pound.

5. Liverpool

Berada di peringkat kelima klub terkaya di Inggris, Liverpool mampu meraih pundi-pundinya ketika Jurgen Klopp mulai menangani tim.

Keuangan tim mulai mengingkat manakala The Reds memenangi gelar Liga inggris pada musim 2019/2020 dan Liga Champions semusim sebelumnya.

Selain itu, Liverpool tergolong tim yang tepat guna dalam melakukan transfer, sehingga bisa mendapat imbas besar dari kedatangan Mohamed Salah, Virgil van Dijk, sampai Sadio Mane.

Nilai Liverpool kini bertumbuh, mengingat ada pendapatan yang bertambah dari penyiaran klub. Dengan tumbuhnya sisi komersial dari klub, maka tim mampu  meraup pendapatan sampai 613 juta pound.