In-depth

Mengapa Liverpool Cocok Datangkan David Alaba dari Bayern Munchen

Jumat, 13 November 2020 15:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alexander Hassenstein/POOL/AFP via Getty Images
David Alaba (tengah), pemain Bayern Munchen, yang dikaitkan dengan Liverpool. Copyright: © Alexander Hassenstein/POOL/AFP via Getty Images
David Alaba (tengah), pemain Bayern Munchen, yang dikaitkan dengan Liverpool.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, beberapa waktu lalu sempat dikaitkan dengan pemain Bayern Munchen, David Alaba.

Pemain berusia 28 tahun tersebut berpeluang meninggalkan Die Roten akhir musim ini lantaran kesulitan mencapai kesepakatan anyar. Kontrak Alaba akan berakhir pada bulan Juni 2021.

Jelas saja, situasi ini pun membuat banyak klub mulai meliriknya untuk diboyong di bursa tranfser.

Salah satunya adalah Liverpool, yang belakangan ini sedang didera krisis bek bertubi-tubi. Setelah kehilangan Virgil van Dijk, The Reds bak jatuh tertimpa tangga lantaran para penggantinya ikut-ikutan ambruk.

Ingin mendatangkan Alaba, The Reds punya dua opsi yakni bergerak saat bursa transfer musim dingin atau musim panas. Jika enggan menunggu, mereka pun harus siap dengan konsekuensi menebus sang incaran dengan harga lumayan.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, nilai pasar Alaba melejit hingga mencapai 65 juta euro (Rp1,07 triliun). Bukan hanya itu saja, Liverpool juga harus bersaing dengan sejumlah klub pemburu lainnya.

Lalu, apa yang membuat kampiun Liga Inggris tersebut bakal cocok mendatangkan Alaba ke Anfield? Alasan pertama yang paling logis adalah mencari bek profesional yang sudah berpengalaman.

Setelah Virgil van Dijk menepi, Liverpool sempat dibuat pusing dengan cedera Fabinho, Trent Alexander-Arnold, kemudian Joe Gomez. Jurgen Klopp memang punya alternatif pada para pemain mudanya, tapi apakah cukup?

Para pemain muda The Reds belakangan ini memang sedang naik daun berkat penampilan mereka yang cukup menjanjikan di tim utama. Hanya saja, Neco Williams cs masih butuh bimbingan dan mengumpulkan pengalaman.

Hal ini jelas akan memakan waktu sehingga solusi terbaik adalah merekrut pemain secepatnya - cepat dan instan. David Alaba pun sudah punya segudang pengalaman di usianya yang masih 28 tahun.

Ia lebih muda dari sejumlah pemain The Reds yang ada saat ini seperti Mohamed Salah, Jordan Henderson, James Milner, Roberto Firmino, dan lain-lain. Akan tetapi, catatan kariernya sudah begitu mentereng bersama Bayern Munchen.

Tercatat, sembilan gelar Bundesliga Jerman sudah dimenangkannya bersama FC Hollywood, berikut enam DFB-Pokal, dua Liga Champions, satu Piala Dunia Antarklub, satu Piala Super Eropa, dan tiga DFL-Supercup.