Bola Internasional

On This Day: Ketika Bambang Pamungkas Selamatkan Wajah Timnas Indonesia di Gelora Bung Karno

Sabtu, 14 November 2020 11:59 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia Copyright: © Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola Tanah Air, Bambang Pamungkas, pernah menyelamatkan muka Timnas Indonesia di depan ribuan pendukungnya sendiri. Hal itu terjadi pada tanggal 14 November 2012, atau tepatnya delapan tahun lalu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Saat itu di hari Rabu sore, Timnas Indonesia senior kedatangan tamu yang merupakan kawan lama, Timor Leste. Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Lester merupakan persiapan uji coba Skuat Garuda menjelang Piala AFF 2012.

Timnas Indonesia yang kala itu dilatih oleh Nil Maizar, menggunakan formasi 4-4-2 saat menjamu Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Pria yang kini melatih Persela Lamongan itu mempercayakan posisi kiper kepada sosok Endra Prasetya. Sementara keempat beknya diisi oleh Hamdi Ramdan, Novan Setya Sasongko, Nopendi, dan Wahyu Wijiasnanto.

Sedangkan untuk posisi lini tengah, Nil Maizar kala itu mempercayakannya kepada Elie Aiboy, Vendry Mofu, Oktavianus Maniani, serta Tonnie Harry Cussel. Dan, dua striker di lini depan diisi oleh para bintang yakni Bambang Pamungkas serta Irfan Bachdim.

Meskipun berstatus sebagai laga uji coba, permainan dengan tempo ketat nan panas pun tersaji sejak awal laga dimulai. Status Timor Leste yang merupakan saudara Indonesia adalah salah satu alasan mengapa pertandingan uji coba ini berjalan dengan penuh gengsi.

Jual beli serangan pun terjadi di sepanjang babak pertama. Walaupun berstatus tuan rumah, Indonesia tampak kesulitan menjebol lini pertahanan Timor Leste. Apalagi, di atas kertas status Skuat Garuda seharusnya mampu memenangkan pertandingan dengan mudahnya.

Pasalnya, Timnas Indonesia sendiri pernah mencukur Timor Leste dengan skor yang cukup telak, 6-0. Hal itu terjadi pada tahun 2010 silam. Hal itulah yang membuat fans sepak bola memprediksi bakal terjadi hujan gol lagi di Stadion Gelora Bung Karno.

Tapi kenyataannya tidak demikian. Hingga babak pertama usai, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol ke gawang Timor Leste. Skor babak pertama pun berahir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Nil Maizar melakukan beberapa perombakan pemain. Kala itu Andik Vermansah, Arthur Irawan, Jhonny van Beukering, hingga Rasyid masuk menggantikan Novan Sasongko, Nopendi, Elie Aiboy, dan Vendry Mofu.

Hal ini pun membuahkan hasil. Jhonny van Beukering yang dipercaya oleh Nil Maizar di babak kedua mampu memberikan sebuah peluang emas, yang mana dimanfaatkan dengan baik oleh Bambang Pamungkas menjadi sebuah gol di menit ke-66.

Gol itu pun menjadi satu-satunya gol yang dicetak oleh Timnas Indonesia ke gawang Timor Leste. Banyak percobaan yang telah dilakukan oleh anak asuh Nil Maizar, namun hal itu urung membuahkan hasil. Timnas Indonesia pun menang dengan skor tipis 1-0 dari Timor Leste.

Kemenangan tipis Timnas Indonesia atas Timor Leste pun menjadi polemik kala itu. Banyak yang menilai, laga uji coba untuk persiapan Piala AFF 2012 kala itu dilakukan dengan cara yang tidak maksimal. Banyak yang meragukan kiprah Skuat Garuda di Piala AFF 2012 nantinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%