In-depth

Skandal hingga Prestasi Daegu FC, Tim Kuat Korea Selatan Calon Lawan Timnas U-19

Senin, 16 November 2020 16:48 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Image by Daegu FC
Salah satu klub yang akan dihadapi Timnas U-19 ialah Daegu FC yang punya prestasi mentereng. Copyright: © Image by Daegu FC
Salah satu klub yang akan dihadapi Timnas U-19 ialah Daegu FC yang punya prestasi mentereng.

INDOSPORT.COM - Media Korea Selatan memberitakan Timnas Indonesia U-19 yang akan menghadapi empat klub saat mereka melakoni pemusatan latihan di negara tersebut. Salah satu klub yang akan dihadapi Timnas U-19 ialah Daegu FC yang punya prestasi mentereng.

Sudah sejak lama pelatih Timnas Indonesia U-19, yakni Shin Tae-yong mengharapkan tim asuhannya itu bisa menjalani pemusatan latihan di Korea Seatan. 

Shin juga sempat menyebut Timnas U-19 akan mendapatkan banyak pengalaman berharga ketika harus menghadapi klub-klub papan atas sepak bola Negeri Gingseng, termasuk di dalamnya klub Daegu FC.

"Sebenarnya saya masih memilih ke Korea. Kami akan memilih juga Kota Gwangju, di sekitarnya ada kota-kota yang punya atau tim seperti Pohang Steelers, Busan IPark, dan Daegu FC," ujar Shin Tae-yong Agustus lalu.

Setelah mendapat pertentangan dari PSSI untuk melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan, Shin Tae-yong kini mendapatkan lampu hijau. Tinggal menunggu waktu Timnas U-19 akan diterbangkan untuk melakukan uji coba di sana setelah sebelumnya dilakukan di Kroasia.

PSSI juga tak mempermasalahkan prosedur karantina yang ketat bagi pemain jika nantinya benar-benar sudah tiba di Korea Selatan. Untuk calon lawan sendiri, Daegu FC bukanlah tim sembarangan untuk dihadapi Timnas U-19.

Selain Daegu FC ada pula tim sepak bola dari Universitas Yeungnam, Universitas Daegu, dan Universitas Gyeongil yang kabarnya akan menjadi lawan uji coba Skuat Garuda Nusantara.

Klub Sepak Bola Daegu, biasa disebut sebagai Daegu FC (Bahasa Korea: 대구 FC), adalah klub sepak bola profesional Korea Selatan yang berbasis di Daegu. Klub ini didirikan sebagai klub komunitas pada akhir tahun 2002, dan klub tersebut melakukan debut K League 1 pada tahun 2003.

Daegu lebih sering bermain di K League 1 tetapi terdegradasi pada akhir musim 2013 ke K League 2 Mereka dipromosikan kembali ke K League 1 pada 2017 dan kemudian memenangkan Piala FA Korea pada 2018, yang membuat mereka lolos ke Liga Champions Asia 2019.

Musim terbaik klub di K League 1 terjadi pada 2019 silam, saat mereka finis di urutan kelima dari 12 tim peserta. 

Meski kini tampil cemerlang di peringkat lima besar kompetisi K League 1, Daegu FC pernah mengalami masa-masa suram yang terjadi pada 2009 silam.

Musim 2009 adalah salah satu yang terburuk dalam sejarah klub tersebut. Mereka nyaris saja terdegradasi dari K League 1. Di Piala FA, Daegu mencapai perempatfinal, melawan Daejeon Citizen dan pertandingan berakhir dengan skor 1–1 namun kalah dalam pertandingan selanjutnya.

Di piala liga, yang sekarang dikenal sebagai Piala Perdamaian Korea 2009, klub tersebut menempati urutan ketiga dalam grup mereka, satu poin lagi dari kualifikasi untuk fase sistem gugur.

Kemudian di tahun itu, Lee Young-jin ditunjuk sebagai manajer untuk musim 2010. Lee, yang sebelumnya melatih FC Seoul, menggantikan Byun Byung-joo yang mengundurkan diri setelah terlibat dalam skandal yang melibatkan agen pemain dan suap untuk memilih pemain tertentu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%