In-depth

Tak Perlu Cari Pengganti, Bedah Formasi Mematikan AC Milan Tanpa Calhanoglu

Senin, 16 November 2020 11:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Jonathan Moscrop/Getty Images
Tak perlu pusing kehilangan Calhanoglu di bulan Januari, klub Liga Italia, AC Milan, memiliki pemain yang cukup untuk tetap bisa tampil mematikan musim ini. Copyright: © Jonathan Moscrop/Getty Images
Tak perlu pusing kehilangan Calhanoglu di bulan Januari, klub Liga Italia, AC Milan, memiliki pemain yang cukup untuk tetap bisa tampil mematikan musim ini.

INDOSPORT.COM - Tak perlu pusing kehilangan Calhanoglu di bulan Januari, klub Liga Italia, AC Milan, memiliki pemain yang cukup untuk tetap bisa tampil mematikan musim ini. 

Pintu keluar bagi Hakan Calhanoglu dari klub Serie A Italia AC Milan, semakin nyata, Paolo Maldini dan kolega pun dituntut untuk bisa memenuhi permintaan gaji tinggi pemain dari Turki itu agar tak keluar. 

Hal ini dikarenakan kedua pihak belum mencapai kata sepakat dalam perpanjangan kontrak Calhanoglu yang akan berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang. Penyebabnya karena sang pemain meminta kenaikan gaji hampir tiga kali lipat yakni 6 juta euro (sebelumnya 2,5 juta). 

Pada awal musim ini, Hakan Calhanoglu beperan penting melanjutkan tren positif Milan yang tak terkalahkan di 24 laga sejak musim lalu. Pada awal musim 2020-2021, Calhanoglu sudah mencetak 4 gol dan 1 assist dari 11 alga Rossoneri. 

Di tangan Stefano Pioli, Hakan Calhanoglu menemukan kenyamanan dalam formasi 4-2-3-1. Dalam formasi ini, Hakan menjadi playmaker atau pun gelandang serang di tengah diapit oleh penyerang sayap, yakni Ante Rebic (kiri) dan Samu Castillejo (kanan).

Sementara di lini depan, ada Zlatan Ibrahimovic yang siap memantulkan bola atau pun menerima assist-assist maut dari Hakan. Kekuatan AC Milan di kedua sayap membuat kerja Hakan menjadi lebih mudah.

Dengan AC Milan yang sekarang, Hakan Calhanoglu membayar utang penampilannya di masa lalu yang dianggap tak konsisten. Dimulai dari pengujung musim lalu, Hakan Calhanoglu dinilai pantas mengenakan seragam nomor 10 AC Milan.

Maka dari itu, wajar bagi dirinya meminta nilai lebih dalam kontrak terbaru. Namun begitu, bukan berarti agen Calhanoglu bisa 'seenaknya' meminta gaji super tinggi. 

Angka 6 juta euro untuk level Serie A Italia bukanlah nilai main-main. Sebelum ada Cristiano Ronaldo, gaji 6 juta euro masuk tiga besar nilai tertinggi. 

Hakan masih butuh banyak pembuktian jika ingin mendapatkan gaji setara Donnarumma dan Zlatan Ibrahimovic. Jika Calhanoglu dan agen masih ngotot, itu pun bukan akhir dunia bagi AC Milan. 

Hakan Calhanoglu diperbolehkan pergi pada Januari, karena skuad AC Milan saat ini sejatinya cukup untuk tampil konsisten tanpa dirinya.