In-depth

Misi Zidane Menyusun Puzzle yang Sempurna di Lini Tengah Real Madrid

Selasa, 17 November 2020 15:19 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Angel Martinez/Getty Images
Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid Copyright: © Angel Martinez/Getty Images
Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid

INDOSPORT.COM - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane dikabarkan tengah mencoba-coba formula baru untuk di lini tengah Los Blancos. Formula ini disinyalir akan menjadi kunci Real Madrid untuk kembali perkasa.

Real Madrid pernah menjalani masa-masa keemasaannya pada tahun 2013 hingga 2018 lalu. Dalam rentang waktu tersebut, klub berjuluk Los Merengues ini berhasil memenangkan empat trofi Liga Champions.

Kala itu, Real Madrid diperkuat oleh trio maut BBC. Mereka adalah Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo. Ketiganya seakan menjadi mesin gol klub kebangaan Kota Madrid di lini pertahanan lawan.

© INDOSPORT
Karim Benzema, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale. Copyright: INDOSPORTKarim Benzema, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale.

Namun selain BBC, trio lini tengah Real Madrid kala itu dinilai menjadi kunci untuk mengaktifkan mesin gol yang mereka punya. Para jenderal lini tengah andalan Zidane kala itu diisi oleh Casemiro, Toni Kroos, dan Luka Modric.

Nama terakhir adalah satu-satunya pemain dari sektor gelandang tengah yang mampu memutuskan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam perebutan gelar Ballon d'Or. Kala itu, Modric meraihnya di tahun 2018.

Akan tetapi, mimpi indah Zidane untuk pasukan di lini tengahnya mulai terasa kurang optimal usai menjuarai Liga Champions pada tahun 2018. Ketiga pemain tersebut, yakni Casemiro, Toni Kroos, dan Luka Modric masih ada di dalam skuat, namun sudah tidak sebagus dahulu kala.

Munculnya beberapa nama pemain muda potensial dalam tubuh Los Blancos seakan menjadi alasan utama hilangnya 'magis' Modric, Kroos, dan Casemiro. Fede Valverde adalah salah satu contoh gelandang muda asal Uruguay yang kerap menggantikan trio lini tengah andalan Zidane sebelumnya.

Tak hanya Valverde saja, masih ada nama Isco dan Martin Odegaard yang kerap mengubah formasi dasar 4-3-3 andalan Zidane menjadi 4-3-1-2, guna memaksimalkan potensi yang dimiliki keduanya sebagai seorang gelandang kreatif.

© Marca
Lini Tengah Real Madrid Sejauh Ini di Musim 2020-2021 Copyright: MarcaLini Tengah Real Madrid Sejauh Ini di Musim 2020-2021

Sejauh ini di musim 2020/2021, Zidane telah melakukan beberapa kali perubahan di lini tengah skuatnya. Perubahan-perubahan tersebut ada yang menghasilkan kemenangan yang cukup telak, namun tidak sedikit pula yang menelan kekalahan.

Berikut ini INDOSPORT mencoba menjelaskan sejauh mana peran dari para gelandang Real Madrid selama bermain di musim 2020/2021.