Bursa Transfer

Mengenal Perr Schuurs, Bek Muda Ajax Amsterdam yang Jadi Bidikan Liverpool

Sabtu, 28 November 2020 14:41 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Rico Brouwer/Soccrates/Getty Images
Bek Ajax Amsterdam, Perr Schuurs, disebut menjadi bidikan utama Liverpool pada bursa transfer Januari. Siapa sebenarnya pemain berusia 21 tahun ini? Copyright: © Rico Brouwer/Soccrates/Getty Images
Bek Ajax Amsterdam, Perr Schuurs, disebut menjadi bidikan utama Liverpool pada bursa transfer Januari. Siapa sebenarnya pemain berusia 21 tahun ini?

INDOSPORT.COM – Bek Ajax Amsterdam, Perr Schuurs, disebut menjadi bidikan utama Liverpool pada bursa transfer Januari. Siapa sebenarnya pemain berusia 21 tahun ini?

Musim kompetisi 2020/2021 menjadi periode berat bagi juara bertahan Liga Inggris, Liverpool. Pasalnya, tim asuhan Jurgen Klopp itu mengalami krisis pemain khususnya di lini belakang karena cedera yang menimpa Virgin van Dijk dan Joe Gomez, sehingga hanya menyisakan Joel Matip.

Meski gelandang Fabinho akhirnya ditarik menjadi bek tengah dadakan, dan bek muda Nathaniel Phillips dan Rhys Williams secara bergantian diberi kesempatan, situasi ini dinilai masih riskan. Akibatnya, Liverpool pun berniat mendatangkan pemain belakang baru pada bursa transfer Januari nanti.

Sempat dikaitkan dengan David Alaba hingga Dayot Upamecano, nama baru muncul dalam daftar incaran Liverpool. Sosok tersebut adalah Perr Schuurs, bek muda Ajax Amsterdam. Tidak tanggung-tanggung, The Reds disebut siap membayar 27 juta pounds (Rp505 miliar) untuk memboyongnya.

Meski kini bermain untuk Ajax, Perr Schuurs sejatinya bukanlah lulusan akademi klub asal Amsterdam itu. Perjalanan Schuurs di sepak bola justru diawali bersama Fortuna Sittard.

Bergabung dengan Fortuna sejak kecil, Schuurs menjalani debutnya di tim senior pada 14 Oktober 2016 saat melawan VVV Venlo di Eerste Divisie, alias kasta kedua Liga Belanda. Empat bulan kemudian, ia mencetak gol perdananya untuk Fortuna saat mengalahkan Jong Ajax 2-0, di kompetisi yang sama.

Memasuki musim 2017/2018 yang menjadi musim keduanya di tim senior, Schuurs yang baru berusia 17 tahun mendapat kepercayaan berharga dengan diangkat menjadi kapten tim. Ia pun membalas kepercayaan itu dengan tampil gemilang di lini belakang, dan bahkan mampu menyumbangkan 5 gol.

Catatan itu membuat Ajax Amsterdam kemudian merekrutnya di pertengahan musim. Namun, Schuurs tak langsung hijrah ke Amsterdam melainkan dipinjamkan lagi ke Fortuna hingga akhir musim.