In-depth

4 Isu yang Dihadapi Van Gaal di Man United, Solskjaer Sudah Benahi?

Kamis, 24 Desember 2020 17:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/Getty Images
Louis Van Gaal saat masih menangani Manchester United. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Louis Van Gaal saat masih menangani Manchester United.

INDOSPORT.COM - Saat menangani Manchester United, seperti pelatih pada umumnya, Louis van Gaal juga tidak lepas dari masalah. Lalu seperti apa pula perkembangan Setan Merah setelah berada di tangan Ole Gunnar Solskjaer?

Masa kepelatihan Louis van Gaal di klub Liga Inggris tersebut memang tidak bertahan lama. Menggantikan David Moyes, pelatih asal Belanda ini hanya bertahan sekitar dua tahun di Old Trafford.

Gelar yang disumbangkannya pun hanya satu yakni Piala FA 2015-2016. Padahal, ketika ditunjuk sebagai juru taktik, Van Gaal dipasrahi tugas berat untuk membawa kembali kejayaan Manchester United.

Apalagi, pada waktu itu ia mewarisi skuat peninggalan David Moyes yang finis di posisi tujuh klasemen Liga Inggris pada musim 2013-2014. Tentu hasil dari Moyes ini membuat manajemen Manchester United kebakaran jenggot sampai harus menunjuk pelatih baru lagi.

Pasalnya, selama ditangani Sir Alex Ferguson, mereka tidak pernah finis di papan tengah, dan sayangnya Moyes memang gagal melanjutkan catatan apik tersebut.

Louis van Gaal pun merapat dan dihadapkan pada setidaknya empat isu yang harus ia benahi. Apa saja?

Krisis Kepemimpinan

Ketika memilih siapa pemain yang cocok menyandang ban kapten di lengannya, Van Gaal sempat dihadapkan pada pilihan sulit antara Wayne Rooney, Darren Fletcher, atau Michael Carrick. Bahkan, nama Chris Smalling pun sempat mencuat.

Kandidat yang paling kuat adalah Rooney, namun potensi ditunjuknya eks pemain Everton tersebut mengundang tanda tanya bagi sebagian pihak. Kebanyakan menyangsikan kesanggupan Rooney memimpin rekan-rekannya sebagai kapten.

Eks pemain Manchester United, Paul Parker, sampai menyebut skenario tersebut sangatlah konyol. Menurutnya, Rooney adalah pemain yang hanya tahu bahwa tugas kapten adalah berteriak-teriak di lapangan.

Krisis kepemimpinan di kubu Manchester United ini pun nampaknya mulai menemui titik terang di era Ole Gunnar Solskjaer. Harry Maguire mungkin cukup layak mengemban peran kapten.

Ia andalan di lini pertahanan dan juga pemain asli Inggris. Meski demikian, masih perlu dinanti akan seperti apa sepak terjang Maguire, apakah ia sosok pemimpin jangka panjang yang dinanti-nantikan Manchester United selama ini?