Liga Inggris

Sempat Ditertawakan, Perjuangan JJ Jadi Wasit Wanita Muslim Pertama di Inggris

Jumat, 25 Desember 2020 20:11 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Barcroft Images
Sempat Ditertawakan, Perjuangan JJ Jadi Wasit Wanita Muslim Pertama di Inggris Copyright: © Barcroft Images
Sempat Ditertawakan, Perjuangan JJ Jadi Wasit Wanita Muslim Pertama di Inggris

INDOSPORT.COM - Perempuan asal Somalia bernama Jawahir Roble atau yang akrab disapa JJ pernah membuat sejarah menjadi wasit wanita muslim pertama di Inggris.

Setelah menyelesaikan kuliah jurusan IT di universitas, JJ membuat keputusan umenjadi wasit profesional setelah sering diminta menjadi wasit di liga lokal wanita di North West London saat usia remaja.

Sejarah menjadi wasit muslimah pertama di tanah Inggris ia buat pada 2018 lalu setelah resmi menjadi bagian dari  Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

Saat awal diresmikan menjadi wasit profesional, JJ sempat mengungkapkan pengalamannya ketika ditertawakan oleh sejumlah pemain pria. Mereka sempat tidak percaya akan dipimpin oleh seorang wasit wanita.

"Ketika saya pertama kali muncul ke pertandingan, Anda bisa mendengar beberapa anak laki-laki hanya terkikik, 'Tidak mungkin dia adalah wasit? Tidak!'" kata JJ saat menceritakan pertama kali menjadi wasit dilansir dari dailymail pada 22 Mei 2018 lalu.

Wanita yang kini telah berusia 26 tahun itu juga menjelaskan kalau laki-laki dan perempuan harus mendapatkan hak yang sama. Apalagi kini banyak pemain sepak bola wanita hebat yang memiliki skill dan fisik tidak kalah dari laki-laki.

JJ juga menambahkan kalau menjadi seorang muslim adalah pilihan dari lubuk hatinya dan tidak ada hubungannya dengan sepak bola.

"Tentu saja, sepakbola tidak ada dalam budaya saya, tidak. Tapi Anda tahu, saya di sini untuk menghapus stereotipe. Anak perempuan bisa bermain sepak bola, anak perempuan bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan," ujar JJ.

"Agama saya, itu adalah bagian dari diri saya, dan saya menyukainya," imbuhnya.