Liga Italia

5 Laga Klasik Legendaris AC Milan vs Juventus

Rabu, 6 Januari 2021 16:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut kami pilihkan lima laga klasik legendaris antara dua klub raksasa Liga Italia, AC Milan vs Juventus.

Laga super big match akan tersaji pada pekan ke-16 Liga Italia antara pemuncak klasemen AC Milan menjamu sang juara bertahan, Juventus. Pertandingan ini akan dilaksanakan di Stadion San Siro pada Kamis (07/01/21) dini hari WIB. 

Pertandingan antara AC Milan vs Juventus edisi musim ini terasa sangat spesial. Sebab, untuk pertama kalinya dalam satu dekade, kedua tim kembali bersaing di tangga juara. 

Dalam laga ini, AC Milan menargetkan kemenangan agar tetap bisa mempertahankan posisi puncak klasemen. Sementara bagi Juventus, tiga poin merupakan hasil wajib yang harus dapatkan agar persaingan juara tetap hidup.

Sayangnya, usaha Juventus untuk merangkak di klasemen harus menemui ujian berat ketika mereka diadang oleh AC Milan yang tampil luar biasa musim ini.

Dari 15 laga yang sudah dilakoni, tak sekali pun I Rossoneri menelan kekalahan. Alessio Romagnoli dkk tercatat meraih 11 kemenangan dan 4 hasil imbang. 

Laga antara AC Milan vs Juventus adalah termasuk laga klasik di sepak bola Italia. Untuk menambah keseruan, berikut ini kami pilihkan lima laga klasik legendaris antara AC Milan menghadapi Juventus. 

1. AC Milan 1-6 Juventus (Serie A 1996/97)

Pertandingan antara AC Milan vs Juventus pada Serie A musim 1996/97 mungkin jadi laga yang sulit dilupakan oleh fans kedua tim. Pada kesempatan kandangnya di musim itu, AC Milan dicukur habis 1-6 oleh Juventus. 

Juventus sukses menang besar lewat gol dan aksi dari bintang-bintang mereka seperti Zinedine Zidane dan Christian Vieri. Di akhir kompetisi, AC Milan harus puas duduk di posisi ke-11 dan Juventus sukses meraih scudetto. 

2. Juventus 1-3 AC Milan (Serie A 2003/04)

Laga antara Juventus vs AC Milan pada pekan ke-25 Serie A  Italia musim 2003/04 menjadi laga tak terlupakan bagi Milanisti. Pada pertandingan tersebut, AC Milan sanggup menunjukkan dominasinya atas Juve dengan menang 1-3 di Stadion Delle Alpi. 

Kemenangan itu sendiri turut berkontribusi dalam mengantar AC Milan merebut gelar scudetto-nya yang ke-17. Andriy Shevchenko (2) dan Clarence Seedorf (1) menjadi pahlawan pada laga ini berkat golnya ke gawang Gianluigi Buffon yang hanya bisa dibalas oleh Ciro Ferrara. 

3. AC Milan 2-0 Juventus (Serie A Italia 1999/00)

Musim 1999/00 menjadi musim istimewa bagi Milan dan Juventus. Pada musim itu mereka bersaing ketat bersama Lazio untuk memperebutkan gelar scudetto Serie A italia. 

Meski pada akhirnya Lazio yang keluar sebagai juara, namun laga antara AC Milan vs Juventus di paruh pertama musim itu menjadi laga yang tak terlupakan. 

Andriy Shevchenko yang baru direkrut dari Dynamo Kiev langsung unjuk gigi dengan mencetak dua gol ke gawang Juventus. Di akhir kompetisi, Shevchenko langsung menempatkan dirinya sebagai capocanonieri alias top skor Serie A. 

4. Juventus 4-2 AC Milan (Serie A 2008/09)

Pada musim 2008/09, AC Milan, Juventus, dan Inter Milan bersaing ketat dalam perburuan gelar juara. Juventus yang baru pulih dari skandal Calciopoli mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. 

Sementara AC Milan masih memiliki kekuatan tersisa dari masa kejayaan mereka di tahun 2007. Tak pelak, pertarungan sengit pun terjadi ketika kedua tim bentrok. 

Dalam kesempatan itu, Juventus asuhan Claudio Ranieri sukses menggasak AC Milan dengan skor meyakinkan 4-2. Empat gol Bianconeri dicetak oleh Amauri (2), Alessandro Del Piero (1), dan Giorgio Chiellini (1). Sementara gol balasan Milan dibuat oleh Alexandre Pato dan Massimo Ambrosini. 

5. Final Liga Champions 2002/03

Semua sepakat jika laga final Liga Champions 2002/03 adalah duel paling legendaris bagi kedua tim. Untuk pertama kalinya, AC Milan dan Juventus bertemu di partai final kejuaraan tertinggi Eropa. 

Ketika itu, baik AC Milan maupun Juventus tengah dalam performa terbaik mereka. Kedua klub dipenuhi oleh bintang-bintang top dunia. 

Pertarungan sengit tanpa gol pun terjadi yang memaksa laga ke babak adu penalti. Pada babak yang menegangkan ini, AC Milan sukses keluar sebagai juara berkat penalti menentukan Andry Shevchenko.