In-depth

Oguchi Onyewu, Transfer Paling 'Misterius' Sepanjang Sejarah AC Milan

Sabtu, 9 Januari 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fred Kfoury/Icon SMI/Icon Sport Media via Getty Images
Oguchi Onyewu saat masih berseragam AC Milan. Copyright: © Fred Kfoury/Icon SMI/Icon Sport Media via Getty Images
Oguchi Onyewu saat masih berseragam AC Milan.

INDOSPORT.COM - Melihat kembali perjalanan Oguchi Onyewu bersama klub Serie A Liga Italia, AC Milan, yang tidak berlangsung mulus.

Pria kelahiran 13 Mei 1982 terseubut tercatat pernah berseragam Rossoneri selama periode 2009 sampai dengan 2011. Bisa dibilang, klub ini adalah pelabuhannya yang paling mentereng ketimbang tim-timnya yang lain.

Sejak terjun ke dunia si kulit bundar di level profesional pada tahun 2002, Oguchi Onyewu sudah pernah membela beberapa klub seperti Metz, Standard Liege, FC Twente, QPR, Sheffield Wednesday, Charlton Athletic, dan lain-lain.

Keputusan AC Milan mendatangkan Onyewu sendiri memang misterius, mengingat sepak terjangnya yang tidak begitu gemilang di klub-klub sebelumnya. Tidak heran, banyak orang yang kemudian bertanya-tanya mengapa perekrutan ini bisa terjadi.

Mereka tentu berpikir keras, mengapa mendatangkan pemain ini? Apakah karena ia berasal dari Amerika Serikat, yang didatangkan untuk memberi atmosfer segar di skuat? Apa mungkin dia permata terpendam yang ditemukan AC Milan? Atau ada alasan lainnya?

Rasa heran dan keraguan publik terhadap Onyewu ternyata sejalan dengan apa yang terjadi padanya di AC Milan. Ia pun tidak mampu berkontribusi banyak untuk Rossoneri dan menjadi keputusan transfer yang sia-sia.

Cedera adalah salah satu faktor utama yang menghambat kariernya bersama AC Milan. Bahkan, ia sama sekali tidak tampil di liga sepanjang musim 2009-2010 akibat lututnya yang bermasalah saat membela Timnas.

Meski demikian, Onyewu menunjukkan kelasnya dengan menolak pembayaran gaji ketika AC Milan menawarinya perpanjangan kontrak selama satu musim. Ia layak mendapat apresiasi walau kariernya sedang di ujung tanduk.