Bola Internasional

Mengenal Loic Bade, Bek Muda Jangkung Rebutan Liverpool dan AC Milan

Rabu, 13 Januari 2021 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sylvain Lefevre/Getty Images
Loic Bade, bek muda RC Lens yang dikaitkan dengan Liverpool dan AC Milan. Copyright: © Sylvain Lefevre/Getty Images
Loic Bade, bek muda RC Lens yang dikaitkan dengan Liverpool dan AC Milan.

INDOSPORT.COM - Siapa sebenarnya Loic Bade, bek muda RC Lens berusia 20 tahun yang belum lama ini dikaitkan dengan Liverpool dan AC Milan?

Seperti dberitakan Le10Sport, Loic Bade adalah salah satu pemain yang masuk radar The Reds dalam perburuan mereka mencari bek tengah. Namun upaya kampiun Liga Inggris musim lalu ini tidak akan mudah.

Pasalnya, raksasa Italia, AC Milan, juga dikabarkan memburu tanda tangan sang pemain, sembari memfokuskan diri menggat Mohamed Simakan dari Strasbourg.

Akan tetapi, melihat gerak-gerik Liverpool yang tidak banyak terendus di bursa transfer Januari ini, nampaknya akan sulit menebak apa langkah mereka selanjutnya. Terlebih lagi, Jurgen Klopp masih setia memanfaatkan pemain yang ada di skuatnya saat ini.

Sejak Virgil van Dijk dan Joe Gomez menepi dari lapangan, ditambah rentetan pemain lain yang juga cedera, Klopp berhasil mengatasinya dengan merotasi beberapa posisi dan memberdayakan para pemain mudanya.

Nama Loic Bade memang bisa muncul kapan saja seperti incaran-incaran lainnya yang dikabarkan masuk daftar pantauan Liverpool seperti David Alaba, Dayot Upamecano, Ozan Kabak, dan bahkan Sergio Ramos.

Terlepas apakah Bade akan didatangkan atau tidak ke Anfield atau mungkin San Siro, dan apakah ia akan merapat di bursa transfer Januari ini atau musim panas nanti, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat siapa dirinya.

Loic Bade lahir di Sevres, sebuah area pinggiran Paris pada 11 April 2000. Ia merupakan jebolan akademi Paris FC dan memulai karier sepak bola profesionalnya dari level Ligue 2 bersama Le Havre.

Hingga akhirnya, kesempatan untuk mencicipi Ligue 1 datang juga pada tahun 2020 ketika ia direkrut oleh tim papan tengah, RC Lens.

Dengan demikian, Bade pun menyusuri jejak para seniornya seperti Paul Pogba, Steve Mandanda, dan Benjamin Mendy yang memulai perjalanan mereka dari klub-klub Normandy, Prancis Utara.

Ia mungkin bukan Kylian Mbappe yang namanya melesat tajam di usia 20 tahun, tapi bukan berarti ia tidak layak menjadi rising star, sebuah istilah yang sempat disematkan langsung oleh situs Ligue 1 Prancis.

Bade sendiri memiliki postur yang cukup tinggi yakni 1,91 meter dan berat lebih dari 80 kilogram. Namun bukan hanya fisiknya saja yang menonjol, kemampuannya bermain sepak bola juga sudah selayaknya mendapat atensi lebih.

Ia bisa membaca permainan dan mengontrol bola dengan baik. Pelatihnya di Lens, Franck Haise, pun tidak segan memberi pujian untuk salah satu anak asuhnya tersebut.

“Dia tidak takut mengambil tanggung jawab bermain ke luar dari belakang. Dia mengalami progres dan masih ada ruang untuknya berkembang, meningkatkan kemampuan membaca permainan dan level konsentrasi,

“Karena sebagai bek tengah, Anda harus sepenuhnya fokus,” jelas Haise, seperti dikutip dari laman resmi Ligue 1 Prancis.

Dengan tinggi badan menjulang dan postur tubuh atletis, Loic Bade akan jadi tambahan amunisi hebat bagi siapa saja yang menggunakan jasanya. Ia juga berbakat di duel udara, intersep, dan melakukan tekel.

Bukan tidak mungkin ia bisa menjadi penerus andal bagi seniornya yang dulu juga pernah membela RC Lens dan kini bermain untuk Real Madrid, Raphael Varane.

Hanya saja, Liverpool maupun AC Milan perlu sedikit berhati-hati jika benar ingin mendatangkan Bade, lantaran sang pemain sudah cukup ‘rajin’ mengoleksi kartu di Ligue 1 Prancis musim ini.

Bade tercatat telah mengoleksi empat kartu kuning dan satu kartu merah dari 16 penampilannya di level liga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%