In-depth

Idaman Liverpool, Ben White Itu Pemain yang 'Jurgen Klopp Banget'

Jumat, 15 Januari 2021 18:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mike Hewitt/Getty Images
Pemain Brighton & Hove Albion, Ben White, yang jadi idaman Liverpool dan Jurgen Klopp. Copyright: © Mike Hewitt/Getty Images
Pemain Brighton & Hove Albion, Ben White, yang jadi idaman Liverpool dan Jurgen Klopp.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, tidak terlalu santer dikaitkan dengan banyak pemain di bursa transfer Januari, namun jika harus menyebut satu mungkin ada nama Ben White.

Tidak terdegar asing, Ben White juga salah satu bintang Liga Inggris, kini bermain untuk klub Brighton & Hove Albion. Lantas, apakah ia cocok didatangkan ke Anfield?

Jika tidak bulan ini, ada kans sang pemain bakal merapat pada bursa transfer musim panas mendatang. Paling tidak, begitulah yang diberitakan beberapa media dalam kurun waktu 2x24 jam terakhir.

Jurgen Klopp saat ini tengah memutar otak setelah kehilangan dua penjaga lini belakang andalannya, Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Bahkan, ia sampai-sampai menjadikan Jordan Henderson sebagai bek tengah saat melawan Southampton. Kapten Liverpool tersebut menemani Fabinho di jantung pertahanan, dibantu Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold.

Kini, nama Ben White mencuat ke permukaan sebagai salah satu kandidat yang mungkin didatangkan Liverpool. Namanya pun semakin jadi perbincangan setelah tampil apik di laga kontra Manchester City, Kamis (14/01/21).

Ditempatkan sebagai gelandang bertahan oleh Graham Potter, White mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia merebut bola dari para pemain Manchester City dan memanfaatkan possession-nya secara maksimal.

Berdasarkan data Whoscored, White mencatatkan rataan sukses 90 persen untuk operan-operannya, bahkan menyaingi gelandang veteran sekelas Kevin De Bruyne. Meski begitu, Brighton harus menelan kekalahan tipis dengan skor 0-1.

Sejatinya, Liverpool sudah pernah dikaitkan dengan White beberapa bulan lalu. Tidak lama berselang, rumor transfer ini kembali muncul ke permukaan meski gaungnya tidak sekencang nama-nama lain di Chelsea maupun Manchester United.

Berdasarkan laporan Liverpool Echo, The Reds masih terus menaruh ketertarikan terhadap pemain asli Inggris tersebut dan sedang mengatur strategi untuk mendapatkannya, kemungkinan besar pada musim panas nanti.

Di antara sejumlah nama yang dikaitkan dengan Liverpool, dari Dayot Upamecano sampai yang paling ‘nyeleneh’ yakni Sergio Ramos, Ben White adalah daya tarik utama bagi klub dan juga Jurgen Klopp.

Mengapa demikian?

Jawaban yang paling memungkinkan dari pertanyaan tersebut adalah kecenderungan Klopp menyukai pemain yang serbabisa. Selain itu, ia sangat menyukai siapa saja yang bisa ia panggil dan diberi tugas spesifik di posisi tertentu.

Hal ini pula yang melatarbelakangi pentingnya peran Fabinho di skuat The Reds musim ini, baik di lini belakang maupun tengah. Ia benar-benar jadi andalan di tengah krisis cedera yang menerpa skuat milik Klopp.

Bisa jadi, Liverpool akan mendatangkan Ben White untuk keperluan bek tengah mereka. Apalagi, melihat penampilanya saat melawan Manchester City, tidak ada alasan bagi Klopp untuk tidak bahagia memiliki pemain sepertinya.

Ia adalah pemain yang bisa melakukan transisi dari peran pemain belakang ke peran yang lebih dalam lagi di tengah, dan semua ini sudah terbukti di laga Manchester City vs Brighton tempo hari.

Jika demikian, tentu tidak mengherankan apabila Liverpool benar-benar ‘ngidam’ mendatangkan Ben White ke Anfield, apalagi sampai memantaunya sejak lama.

Selain itu, usia juga faktor tambahan yang tidak kalah pentingnya. Masih 23 tahun, ia akan jadi simpanan yang berguna bagi Liverpool untuk jangka waktu yang lama.

Sekarang masalahnya adalah kapan Liverpool akan mendatangkan Ben White? Pasalnya, mereka adalah klub yang adem ayem saja di setiap bursa transfer di saat para rivalnya ramai diberitakan di mana-mana.