In-depth

Now or Never, Rekrut Dayot Upamecano Sekarang atau Tidak Sama Sekali Liverpool

Senin, 18 Januari 2021 19:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© ANP Sport/GettyImages
'Now or Never', sekarang atau tidak sama sekali, Liverpool harus buang keraguan demi mendatangkan Dayot Upamecano di bursa transfer. Copyright: © ANP Sport/GettyImages
'Now or Never', sekarang atau tidak sama sekali, Liverpool harus buang keraguan demi mendatangkan Dayot Upamecano di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, tidak banyak dikaitkan dengan sejumlah pemain di gelaran bursa transfer. Namun jika harus menyebut satu, mungkin ada nama Dayot Upamecano.

Bintang RB Leipzig tersebut sempat menghiasi pemberitaan yang berkaitan dengan krisis cedera yang dialami The Reds. Ya, apalagi kalau bukan wacana soal mendatangkan pemain baru demi mengisi posisi bek tengah.

Hanya saja, Jurgen Klopp sepertinya kurang berminat berbelanja di bursa transfer Januari ini, meski banyak yang sudah mendesaknya agar mencari pengganti Virgil van Dijk dan Joe Gomez yang harus absen lama.

Spekulasi pun terus bermunculan di mana-mana, apakah Klopp akan memperkuat pasukan lini pertahanannya atau tidak bulan ini. Namun yang jelas, jika Liverpool ingin mendaratkan Dayout Upamecano, maka bursa transfer musim dingin ini adalah waktu yang paling tepat. 

Liverpool harus didera badai cedera pada musim 2020/21. Kapten sekaligus bek andalan mereka, Virgil van Dijk, harus menepi hampir sepanjang musim karena cedera. 

Bukan cuma Van Dijk, bek tengah Liverpool lainnya, Joe Gomez, juga harus menepi dengan penyebab yang sama. Krisis lini belakang ini pun membuat Liverpool cukup ketetaran. 

Mereka kini harus tertinggal tiga angka dari Manchester United di puncak. Posisi mereka di klasemen pun terancam tergusur oleh Manchester City. 

Pembelian pemain belakang baru seharusnya jadi pilihan masuk akal, dan nama Dayout Upamecano adalah nama yang tepat. 

© Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty Images
Dayot Upamecano saat mengontrol bola. Copyright: Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty ImagesDayot Upamecano saat mengontrol bola.

Dayot Upamecano adalah salah satu nama yang mencuat sejak beberapa bulan lalu di daftar rumor bursa transfer The Reds dan masih diperbincangkan sampai sekarang, meski gaungnya sudah tidak sekencang musim panas lalu.

Di RB Leipzig, Upamecano adalah bek tengah yang biasa beroperasi di sebelah kiri, namun ia juga bisa berada di kanan jika memang dibutuhkan. Sejak bergabung pada 2017, ia pun menjelma sebagai salah satu bek muda terbaik di Eropa.

Pemain berusia 22 tahun ini memiliki keunggulan di duel udara dan rate recovery ball yang apik. Bahkan, Upamecano mencatatkan statistik tekel yang lebih apik dari Van Dijk dan Gomez. 

Rataan tekel pemain kelahiran 27 Oktober 1988 tersebut menyentuh angka 2,0 per laga, sedikit lebih tinggi dari Van Dijk (0,6 per laga) dan Gomez (1,0) per laga. 

Alasan-alasan di atas seharusnya cukup membuat Liverpool merekrutnya pada musim dingin ini. Sebab, jika tidak sekarang, Liverpool bisa kehilangan Upamecano selamanya. Di usia 22 tahun, Dayout Upamecano sudah menjadi incaran banyak tim besar Eropa. 

Mulai dari Bayern Munchen, Chelsea, AC Milan, sampai rival The Reds di Inggris, Manchester United. Melihat pesaing-pesaingnya ini, sangat mungkin bagi Upamecano untuk meninggalkan RB Leipzig secepatnya. 

© ANP Sport/GettyImages
Bek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano masuk dalam daftar klub Liga Inggris, Chelsea. Copyright: ANP Sport/GettyImagesBek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano masuk dalam daftar klub Liga Inggris, Chelsea.

Dikhawatirkan, jika pada musim dingin atau musim panas nanti ia hengkang ke klub lain, maka akan sangat sulit bagi Liverpool untuk menggaetnya. 

Dapat dipastikan harga Dayout Upamecano akan melambung sangat tinggi karena potensinya yang luar biasa. Selain itu, dengan bertambahnya usia, Upamecano masa depan pun makin sulit masuk pertimbangan Liverpool. 

Oleh karena itu, jika benar ingin merekrut Upamecano, Liverpool harus melakukannya musim dingin ini. Upamecano sudah membuktikan diri sebagai figur yang cocok untuk mengisi barisan tengah Liverpool yang keropos selepas ditinggal Van Dijk. 

Upamecano bisa jadi investasi bagus untuk untuk menjadi pengganti permanen Van Dijk yang kini sudah memasuki kepala tiga. 'Now or Never', sekarang atau tidak sama sekali, Liverpool harus buang keraguan demi mendatangkan Dayot Upamecano.