In-depth

Duel Antarlini Inter Milan vs AC Milan: Transisi vs Kecepatan

Selasa, 26 Januari 2021 15:32 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Kupas tuntas duel antarlini laga Derby della Madonninna antara Inter Milan vs AC Milan di ajang perempatfinal Coppa Italia 2020-2021, Rabu (27/01/21) WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Kupas tuntas duel antarlini laga Derby della Madonninna antara Inter Milan vs AC Milan di ajang perempatfinal Coppa Italia 2020-2021, Rabu (27/01/21) WIB.

INDOSPORT.COM - Kupas tuntas duel antarlini laga Derby della Madonninna antara Inter Milan vs AC Milan di ajang perempatfinal Coppa Italia 2020-2021, Rabu (27/01/21) dini hari WIB.

Pertandingan Derby della Madonnina antara Inter Milan vs AC Milan akan tersaji di perempatfinal Coppa Italia. Laga Derby Milan kedua musim ini akan diselenggarakan di Stadion Giuseppe Meazza, markas Inter. 

Baik Inter Milan maupun AC Milan saat ini tengah mengalami titik kemunduran di beberapa pekan terakhir Serie A Italia. Laga ini pun akan menjadi ajang pembuktikan atas harga diri mereka.

Inter Milan lolos ke perempatfinal Coppa Italia usai menumbangkan Fiorentina di 16 besar. Sementara AC Milan melenggang ke perempatfinal setelah mengalahkan Torino lewat adu penalti. 

Di pertemuan terakhir antara kedua kubu, AC Milan berhasil memetik kemenangan tipis 2-1 atas Inter. Dalam laga tersebut, Zlatan Ibrahimovic mencetak brace dan dirinya ingin memamerkan peran pentingnya dalam laga nanti.

Secara umum, kedua tim sejatinya sedang dalam performa bagus dan berpotensi meraih gelar Scudetto di akhir musim. Namun, AC Milan dinilai memiliki kedalaman skuad yang memungkinkan mereka memenangkan laga ini.

Lalu, bagaimana kedua tim akan tampil di laga Coppa Italia ini? Apakah banyak rotasi yang dilakukan? Berikut ini kami ulas secara lengkap duel antarlini kedua tim. 

FORMASI
Inter (3-5-2)
AC Milan (4-2-3-1)

KIPER

Untuk posisi kiper, tim tamu AC Milan harus rela tidak diperkuat oleh kiper utama, Gianluigi Donnarumma. 

Donnarumma menjadi sosok penting dalam keberhasilan Milan menjuarai paruh musim. Ia menjadi kiper Italia dengan penyelamatan terbanyak sejauh ini. 

Namu sayang, pemain 20 tahun itu harus dikartu merah pada laga melawan Torino di San Siro. AC Milan pun bakal kembali mengandalkan Ciprian Tatarusanu. 

Tatarusanu menjadi pahlawan kemenangan AC Milan atas Torino lewat clean sheet dan penyelamatannya di babak adu penalti. Meski sempat melakukan blunder di awal-awal musim, namun perlahan Tatarusanu mulai tampil konsisten sebagai kiper pelapis. 

Sementara itu, tim tuan rumah Inter Milan bakal menurunkan kapten mereka, Samir Handanovic, di bawah mistar gawang. Sayangnya, Handanovic musim ini tampil tidak begitu maksimal. Statistik menunjukkan jika Handanovic baru mengumpulkan 4 cleansheets dan telah kebobolan 23 gol dari 18 laga Liga Italia. 

BEK

Beranjak ke posisi bek, kedua tim memainkan formasi yang sangat berbeda. Inter Milan setia kepada pakem Antonio Conte, yakni 3-5-2. 

Sementara AC Milan masih mengandalkan formasi 4-2-3-1 ala Stefano Pioli. Untuk itu, barisan bek kedua tim pun bakal sangat berbeda. 

Inter Milan akan memainkan tiga bek yang diperankan oleh Alessandro Bastoni (kiri), Stefan de Brij (tengah), dan Milan Skriniar (kanan). Dengan skema ini, Inter tidak memiliki bek sayap/fullback

Barisan belakang mereka pun akan lebih sering rapat mengawal lini belakang sambil juga ikut mengalirkan bola ke depan. Sejauh ini barisan pertahanan Inter terbilang cukup solid. 

Di Serie A, Nerazzurri kebobolan 23 gol dari 19 laga. Mereka juga baru mendapatkan clean sheet di dua laga terakhir melawan Juventus dan Udinese. 

Di kubu tuan rumah, AC Milan bakal memainkan formasi empat bek. Posisi itu masing-masing akan diperankan oleh Theo Hernandez (kiri), Simon Kjaer (tengah), Pierre Kalulu (tengah), dan Davide Calabria  (kanan). 

Di laga melawan Inter nanti I Rossoneri belum bisa diperkuat oleh Alessio Romagnoli yang cedera. Pada laga melawan Inter, AC Milan bakal bertumpu berat kepada dua bek sayapnya. 

Sekadar catatan, Stefano Pioli diprediksi bakal lebih memilih memainkan The Hernandez ketimbang Diogo Dalot. Meski Dalot jadi spesialis Liga Europa dan Coppa Italia, namun ia akan tergusur oleh Theo Hernandez lantaran lawannya kali ini adalah Inter Milan yang merupakan salah satu tim terkuat di Italia.